,


















• 16 November 2014
Seminar Program Promosi Pelancongan Negeri Melaka di Bengkalis

• 11 November 2014
Pembukaan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penatausahaan aset daerah

• 11 November 2014
Edukasi Internet Sehat , Produktif serta Narkoba dari DISKOMINFO dan PDE Provinsi Riau

• 10 November 2014
Rapat Evaluasi Realisasi Fisik dan Keuangan Kegiatan Belanja Langsung APBD TA 2014


Investasi Pariwisata

Lokasi
: Kecamatan Rupat Utara
Klasifikasi Proyek
: Sektor Pariwisata
Penanggungjawab
: Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga
Pemilik Proyek
: Pemerintah Kabupaten Bengkalis
Lahan Tersedia
: ± 2 Hektar (ha)
Pemilih Lahan
: Pemerintah Kabupaten Bengkalis

a. Gambaran Umum

  • Pulau Rupat terdiri dari 2 kecamatan yaitu Rupat dan Rupat Utara merupakan salah satu pulau terluar indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Selain itu, pulau yang berbentuk seperti gunung kecil di tengah laut luas ini juga memiliki posisi yang sangat strategis, karena langsung berhadapan dengan perairan internasional yang sangat ramai, yaitu Selat Malaka. Pulau Rupat memiliki nilai jual yang sangat eksotis, karena kapal-kapal asing yang melintas di Selat Malaka bisa langsung merapat ke pulau yang memiliki pasir putih terpanjang di indonesia ini.
  • Pantai pasir putihnya membentang sepanjang ± 17 Km mulai dari Desa Teluk Rhu, Tanjung Punak (Rupat Utara) sampai sungai Cingam (Rupat). Pantai yang lebarnya ± 30 meter jika air surut atau sekitar ±7 meter saat air pasang ini memiliki keindahan yang tidak kalah penting dengan pantai-pantai di pulau Bali.
  • Kegiatan bertaraf internasional yang pernah dilaksanakan di Pulau ini adalah berenang menyebrangi Selat Malaka non stop mulai dari Pantai Pasir Panjang menuju Portdickson (Malaysia).
  • Aktivitas wisata yang dapat dilakukan para wisatawan yang berkunjung adalah : berjemur (sun burning), selancar (surfing), selam (scuba diving), memancing (fishing), dan berenang (swimming).
b. Kondisi Eksisting
  • Pengembangan pulau Rupat sebagai tujuan wisata, bukan saja menjadi program pembangunan di Kabupaten Bengkalis, tetapi juga di Provinsi Riau. Hal ini dapat dilihat dari kebijakan strategis pembangunan Bengkalis maupun Riau. Karena itu berbagai fasilitas pengembangannya sudah dibangun, baik oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau, seperti akses jalan, dermaga pelabuhan ferry penyeberangan.
  • Selain sebagai kawasan wisata unggulan, berdasarkan Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau, Rupat bersama Dumai dan Duri direncang menjadi salah satu kawasan segitiga andalan untuk pusat pertumbuhan ekonomi baru di Riau.
  • Sebagai kawasan terluar Indonesia, pembangunan Pulau Rupat juga menjadi perhatian dan prioritas Pemerintah Republik indonesia, Implementasinya, bertempat di Desa Pangkalan Nyirih, Kecamatan Rupat, pada 15 oktober 2009, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Republik Indonesia secara resmi telah mencanangkan dimulainya pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Pulau Rupat. 
  • Dalam pembangunan sektor kepariwisataan Indonesia, pulau Rupat juga akan dijadikan kawasan wisatanasional. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa ketika mengunjungi Pulau Rupat bersama Menteri Kehutanan Zulkifli Hasa, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar serta Gubernur Riau HM Rusli Zainal pada 15 Januari 2010, rencana Pulau Rupat dijadikan kawasan wisata nasional sedang dalam tahap pembahasan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan segera terealisasi. Sebelum itu dan dalam rangka percepatan pembangunan pulau Rupat, sejumlah Menteri juga pernah mengunjungi Pulau Rupat, diantaranya Menteri Dalam Negeri Mardiyanto serta Menteri komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

c. KONTAK PERSON
     a. Drs. EDUAR, M.Psa, M.Kom

    Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga
    Telp     : +62-766-21098
    Fax      : +62-766-22720
    Alamat : Jln.Arif Rahman No. 24 Bengkalis 28712

    b. H. HERI KUSUMA PERIBADI, S.Sos, MP
    Sekretaris Dinas kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga
    Telp         : +62-766-21098
    Fax          : +62-766-22720
    Mobile     : +62-812-750-7212
    Email      : eriks_private@yahoo.com
    Alamat    : Jln.Arif Rahman No. 24 Bengkalis 28712

e. Peran Pemerintah
 
Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, peran Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk pengembangan pulau Rupat sebagai tujuan wisata ini adalah memberikan berbagai kemudahan kepada para investor dalam bentuk :
  • Penyediaan sarana dan prasarana pendukung
  • Percepatan pemberian izin
  • Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah membebaskan lahan seluas ± 2 hektar untuk proyek pembangunan Pulau Rupat Utara sebagai tujuan wisata
  • Bersama Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini sedang membangun jalan poros antara Batu Panjang (Ibukota Kecamatan Rupat) menuju Tanjung Medang (Ibukota Kecamatan Rupat Utara). Jalan sepanjang ± 60 Km ini merupakan akses utama menuju pantai pasir panjang tersebut diperkirakan selesai tahun 2013.
  • Pembangunan Pariwisata di Rupat Utara (sharing program dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis).

a. Struktur Finansial
Operational cooperation  atau joint venture

b. Insentif Pemerintah
Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, insentif yang dapat diberikan Pemerintah Kabupaten Bengkalis bagi investor untuk pengembangan Pulau Rupat sebagai tujuan wisata ini berupa pengurangan, keringanan atau pembebasan pajak daerah dan retribusi daerah.
 

f. Bentuk Investasi 
Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau Penanaman Modal Asing (PMA)

g. Status Proyek Saat Ini
a. Feasibility Study

  • Kajian Dampak Lingkungan Pengembangan Pulau Rupat sebagai kawasan tujuan wisata oleh Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kabupaten Bengkalis Tahun 2001.
  • Pada tahun 2002 Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Kantor Kebudayaan dan Pariwisata telah membuat DED (detailed engineering design) serta Master Plan pembangunan Pulau Rupat bekerjasama dengan SAA Architech Pte Ltd Singapore. 
h. Prosedur Dan Proses
Proses dan  Prosedur penanaman modal mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal serta peraturan perundang-undangan lainnya dengan melibatkan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

a. PERATURAN DAERAH
1. Peraturan Daerah Provinsi Riau No. 15 Tahun 2008 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau 2008-2013
2. Peraturan Daerah Provinsi Riau No. 17 Tahun 2008 tentang Pembangunan Kawasan Ekonomi Andalan Duri-Dumai-Rupat.
3. Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis No. 03 Tahun 2006 tentang Retribusi Izin Usaha Kepariwisataan
4.  Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis  No. 09 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  Kabupaten Bengkalis Tahun 2010-2015.


b. Lisensi
1. Izin Lokalisasi
2. Izin Mendirikan Bangunan
3. Izin Gangguan (HO)
4. Dan lain-lain


Update: 30 Agustus 2013