BERITA

12 Januari 2019 - 22:04 WIB | dibaca : 29 x

Saat Berikan Penyuluhan ke DWP Bengkalis:

Rafiani, Ph.D: “Untuk Menciptakan Lingkungan Sehat Harus Menerapkan Prinsip 3R”


Teks foto : Ketua DWP Kab. Bengkalis Hj Akna Juita (kedua dari kiri) ketika menanam pohon pada kegiatan arisan bulan di Pantai Indah Selat Baru, Kecamatan Bantan, Sabtu, 12 Januari 2019

BENGKALIS – Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Rafiani menjelaskan, untuk menciptakan lingkungan sehat harus menerapkan prinsip 3R.

“Yaitu, Reuse, Reduce dan Recyle,” jelas Rani ketika memberikan penyuluhan kepada pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis, Sabtu, 12 Januari 2019.

Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita memberikan cendramata kepada Latifah (mantan Ketua DWP Unit Inpektorat)

Penyuluhan yang ditaja dalam rangka arisan bulan DWP Kabupaten Bengkalis tersebut dilaksanakan di kawasan Pantai Indah Selat Baru, Kecamatan Bantan.

Rani merinci, Reuse merupakan cara menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi yang lain.

Sedangkan, Reduce yaitu mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan timbulnya sampah.

“Adapun Recycle yaitu mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang ataupun produk baru yang bermanfaat. Menjadikan sampah bernilai ekonomis,” jelas alumni Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, angakatan tahun 2007 ini.

Doctor of Philosophy (Ph.D) Yamaguchi University Jepang angkatan tahun 2012 ini juga menjelaskan, lingkungan yang sehat itu bermula dari rumah tangga, keluarga dan masyarakat.

“Ketiga lingkungan tersebut memiliki peranannya masing-masing untuk menciptakan lingkungan yang sehat,” ujarnya.

Rafiani, Ph.D, saat memberikan penyuluhan tentang lingkungan kepada pengurus dan anggota DWP Kabupaten BengkalisSelain penyuluhan tentang lingkungan, kegiatan arisan bulan tersebut juga diisi penanaman puluhan pohon Ketapang atau Katapang (Terminalia catappa) oleh tiap-tiap unit DWP dari masing-masing Perangkat Daerah di kawasan Pantai Indah Selat Baru.

Selain itu dilaksanakan pula senam sehat yang ditaja sebelum bakti sosial penanaman pohon dan penyuluhan tentang lingkungan.

Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita Bustami ketika memberikan sambutan sebelum kegiatan penyuluhan dilaksanakan, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pengurus dan anggota DWP yang ikut serta kegiatan di Pantai Indah Selat Baru.

Ucapkan terima kasih juga disampaikannya atas suksesnya berbagai kegiatan yang dilaksanakan DWP Kabupaten Bengkalis pada tahun 2018 lalu.

“Tanpa soliditas dan semangat kebersamaan seluruh pengurus dan anggota DWP, kegiatan hari ini, baik itu senam sehat, penanaman pohon dan penyuluhan tentang lingkungan, tidak mungkin terlaksana dengan baik. Semoga ke depan dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” papar istri Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY ini.

Kak Ita Bustami, begitu wanita berhijab dan berkacamata ini kerab disapa berharap, pengurus dan anggota DWP Kabupaten Bengkalis bisa menjadi contoh dan tauladan di tengah-tengah masyarakat dalam menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Dapat menerapkan perinsip 3R.

Anggota DWP Unit DInas Kominfotik ikut menanam pohon di Pantai Indah Selat Baru Kecamatan BantanSaat arisan bulan di Pantai Indah Selat Baru tersebut, atas nama DWP Kabupaten Bengkalis, Ita Bustami juga menyerahkan cendramata kepada Latifah.

Cendramata itu diberikan kepada mantan Ketua DWP Unit Inspektorat yang mulai 1 Januari lalu tidak lagi menjadi anggota DWP Kabupaten Bengkalis, karena suaminya Suparjo (Plt Inspektur) purna bakti sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cendramata itu diberikan sebagai salah satu wujud ucapan terima kasih dan kenang-kenangan kepada Latifah yang menjadi anggota DWP Unit Inspektorat Kabupaten Bengkalis hampir dua dasa warsa dan aktif dalam berbagai kegiatan yang ditaja DWP Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK