BERITA

11 Februari 2019 - 21:39 WIB | dibaca : 5 x

Tahun 2020, Kecamatan Bukit Batu Prioritaskan 5 Program


Teks foto : kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefalinus membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 Kecamatan Bukit Batu

BUKIT BATU, HUMAS - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) diwakili oleh kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefalinus  membuka acara  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 Kecamatan Bukit Batu, Senin (11/2) di aula Kantor Camat Bukit Batu.

Musrenbang ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan (Eet), kemudian Hj Aisyah, H Azmi Rozali dan Zuhandi,  sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bengkalis Kepala Desa dan BPD Se-Kecamatan Bukit Batu.

Jefalinus mengatakan Mesrenbang  ini merupakan forum dalam membahas dan menyepakati langkah program kegiatan yang berasal dari desa, kelurahan yang nantinya akan dilaksanakan dalam prioritas pembangunan.

"Perumusan dan prioritas pembangunan di kecamatan harus benar-benar sesuai dengan kultur daerahnya masing-masing serta perkembangan perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Bukit Batu," ungkap Jefalinus.

Jefalinus menambahkan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 bahwa Kecamatan Bukit Batu sebagai gerbang Laksamana yang memfokuskan kepada pembangunan kawasan industri, wisata religius, pelabuhan ekspor impor, pusat pertanian dan peternakan yang modern dan pro rakyat.

Selanjutnya,  pada APBD Tahun 2019 di Kecamatan Bukit Batu mendapat anggaran alokasi dana lebih  kurang Rp. 94.206.000.000,- alokasi anggaran tersebut di peruntukan untuk berbagai sektor seperti Infrasruktur, jalan, sarana dan prasarana sebesar Rp. 48.047.000.000,- Sektor Pendidikan sebesar Rp. 5.087.000.000,- Sektor Kesehatan Rp. 7.068.000.000,- sedangkan transfer ke desa Keseluruhannya mencapai Rp. 28.011.000.000,- ini adalah bentuk perhatian Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bengkalis.

Untuk itu menjadi kewajiban kepada kita semua untuk merasa memiliki atas semua program dan kegiatan yang tertuang dalam APBD 2019, dengan turut serta melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan nantinya, tutup Jefalinus.

Secara garis besar usulan prioritas yang disampaikan oleh 1 kelurahan dan 9 desa dalam wilayah Kecamatan Bukit Batu pada pelaksanaan musrenbang usulan tahun 2020 adalah usulan infrastruktur jalan dan jembatan,  sarana pendidikan, sarana kesehatan serta usaha mikro.