Buka Bimtek Peningkatan Masjid dan Mushola, Bupati Harapkan Target Zakat Maksimal

icon   Pada 9 Maret 2023 Bagikan ke :

BUKITBATU - Sebagai upaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam pengumpulan zakat, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengapresiasi Baznas Kabupaten Bengkalis.

Apresiasi itu disampaikan langsung Bupati Bengkalis diwakili Camat Bukitbatu Acil Esyno, Kamis, 9 Maret 2023 di Aula kantor Camat Bukitbatu.


Bimbingan teknis peningkatan kapasitas pengurus masjid dan musholla diikuti oleh 62 orang berasal dari Kecamatan Bukitbatu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana.

Acil mengatakan Baznas Kabupaten Bengkalis terus mengalami perkembangan yang cukup baik dan signifikan dari tahun ke tahun dengan berbagai terobosan dan inovasi yang semakin maksimal.


"Kinerja Baznas ini akan semakin baik jika didukung oleh semua pihak baik itu dari masyarakat maupun elemen khususnya di Negeri Junjungan sehingga potensi zakat, infaq dan sedekah dapat optimal," ujarnya.

Acil menambahkan jika sinergi terus dilakukan dan dukungan penuh dari para amil yang berada di unit pengumpul zakat baik di Kecamatan, Desa, Kelurahan, Sekolah, Masjid dan Musholla serta perusahaan. Besar harapan target zakat dapat tercapai dengan akan pentingnya membayar zakat.


"Keberadaan bagi pengurus zakat sangat perlu ditingkatkan kompetensi agar pengurus zakat memiliki kemampuan lebih dalam mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah," kata Acil.

Selanjutnya Acil menjelaskan bimbingan teknis pengumpul zakat merupakan bagian integral dari sistem pengelolaan zakat sekaligus sebagai mitra strategis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat.


Masih kata Acil, saat ini banyak masjid dan musholla di Kecamatan Bukitbatu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dalam pengumpulan zakat yang akan menjadi potensi besar dalam mensejahterakan masyarakat.

"Laksanakan tugas dan amanah sebagai pengurus zakat secara ikhlas dan gali terus potensi zakat yang berada diwilayah kerja masing-masing sehingga tujuan zakat dapat diberdayakan dengan maksimal," ujarnya.


Pada kesempatan itu juga turut diserahkan secara simbolis bantuan sembako dari Baznas Kabupaten Bengkalis kepada masyarakat yang membutuhkan.