136 Atlit asal Kab.Bengkalis mengikuti seleksi Pelatda Riau

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
22-June-2010

Bengkalis – Sebagai seleksi lanjutan, sebanyak 136 atlit putra-putri asal Kabupaten Bengkalis dari 18 cabang olahraga (Cabor) dipanggil KONI Riau guna mengikuti seleksi agar dapat diikutsertakan pada Pelatda Riau sebagai Tim Bayangan Kontingen Riau pada. Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012.

Wakil Ketua Umum/Ketua Harian KONI Bengkalis, H Hermizon menjelaskan, ke-136 atlit tersebut sebagian besar merupakan atlit-atlit pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) VI yang dilaksanakan di Bengkalis tahun 2009 lalu. Hal itu dikemukakan Asisten I Setdakab Bengkalis ini usai memimpin rapat bersama pengurus KONI dan Pegurus Kabupaten (Pengkab) Cabor di Sekretariat KONI Bengkalis, Senin (21/6).

“Selain atlit-atlit Porda VI, mereka yang dipanggil untuk mengikuti tersebut juga berdasarkan hasil seleksi dari berbagai kejuaraan lainnya. Seperti Kejuaraan Daerah, Kejuaraan Nasional, Paskhas Open 2008 maupun kejuaraan lainnya. Namun sebagian besar yang dipanggil itu memang berasal dari Porda VI Riau. Kurang lebih sekitar 90 persen,” jelas Hermizon.

Dijelaskan Hermizon ke-18 Cabor dan jumlah atlit yang dipanggil KONI Riau untuk mengikuti seleksi itu adalah Tarung Derajat (10 orang), Tinju (2), Kempo (19), Karate (7), Pencak Silat (6), Sepak Takraw (10) dan Tenis Meja (2).

Kemudian, katanya, Anggar (6), Bola Voli (12), Sepak Bola (8), Catur (3), Balap Motor (1), Bola Basket (4), Tenis Lapangan (2), Atletik (13), Taekwondo (5), Panjat Tebing (21) dan Brigde (5). “Kempo dan Atletik merupakan Cabor yang atlitnya paling banyak dipanggil untuk seleksi,” katanya.

Hermizon menjelaskan, untuk seleksi tersebut, KONI Riau akan melaksanakan test fisik terhadap setiap atlit yang dipanggil di daerah masing-masing. “Untuk Bengkalis test tersebut akan dilaksanakan KONI Riau pada Kamis (24/6) mendatang. Informasi ini sudah kita sampaikan kepada masing-masing Pengkab untuk mempersiapkan dan memanggil atlit yang akan mengikuti test tersebut,” jelasnya.

Hermizon juga menjelaskan, sesuai dari Pengurus Besar PON XVIII tahun 2012, Bengkalis telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara 4 Cabor. Yaitu Voli Pantai, Layar, Tarung Drajat dan Panjat Tebing.

“Untuk layar dipusatkan di kawasan objek wisata bahari pantai Selat Baru Kecamatan Bantan. Sedangkan voli pantai kawasan Bandar Sri Laksamana Bengkalis,” imbuhnya seraya mengatakan test fisik untuk akan dilaksanakan di stadion Panglima Muhammad Ali Desa Air Putih.

Menyinggung pelaksanaan Porda VII Riau yang akan dilaksanakan di Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2011 mendatang, Ketua Pengkab Tenis Lapangan Bengkalis ini membenarkan adanya informasi bahwa sejumlah Cabor yang dipertandingkan pada Porda VI bakal tidak dipertandingkan pada Porda VII. Cabang-cabang tersebut adalah Renang, Tarung Derajat dan Panjat Tebing.

“KONI Bengkalis sudah menyurati KONI Riau agar Tarung Derajat dan Panjat Tebing tetap dipertandingkan,” ujar Hermizon didampingi sejumlah Pengurus KONI Bengkalis, seperti Andry Sukarmen, M Fadli, HA Halim dan Johansyah Syafri serta Pengurus Pengkab seperti Heru Wahyudi dan Salfian Dahliandi.