BeritaAbdi: Keberadaan Pesantren Melekat Pada Diri Masyarakat
Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren Darul Khair Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu

Abdi: Keberadaan Pesantren Melekat Pada Diri Masyarakat

Repost on : 24/11/2020 18:19 WIB | 90x
Foto

BUKIT BATU, PROKOPIM - Keberadaan pesantren disamping sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembaga masyarakat, telah memberi warna dan corak yang khas, sehingga pesantren dapat tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat. Sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, posisi dan keberadaan pesantren memiliki tempat istimewa.

Ungkapan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi saat menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Darul Khair Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu, Selasa (24/11/2020), Jl. M. Shaleh Abbas, Kampung Jawa.

Kemudian Abdi menambahkan, keistimewaan pesantren dalam sistem pendidikan nasional, berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pondok Pesantren memiliki tujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada allah swt. 

"Dengan keberadaan pesantren ini kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang secara ikhlas memberikan sumbangan dan bantuan, baik berupa materi maupun pikiran, sehingga terlaksananya pembangunan Pondok Pesantren Darul Khair. mudah-mudahan, segala bentuk sumbangan dan bantuan yang diberikan akan dicatat sebagai amal ibadah dan dibalas dengan nilai pahala di sisi Allah swt", ucap Abdi. 

Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung sepenuhnya pembangunan Pondok Pesantren Darul Khair ini, karena dengan banyaknya pondok pesantren, memberikan sinyal kepada kita semua untuk bisa mengembalikan kejayaan islam dan menguasai seluruh ilmu pengetahuan.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis Insyaa Allah akan hadir ikut serta membangun pondok pesantren ini, namun mohon bersabar karena APBD perlu proses," Pungkas Abdi. 

Hadir juga pada peletkan batu pertama pondok pesantren tersebut Ustadz Abdul Somad, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Camat Bukit Batu Taufiq Hidayat, Camat Siak Kecil M. Fadhlul Wajdi, Ketua DDII Muhammad Ashubli, Waka II Baznas Zulkifli serta undangan lainnya.