Agar Mahir Kelola Informasi, Pemdes Resam Lapis Magangkan Staf ke Diskominfotik

icon   Pada 7 Februari 2020 Bagikan ke :

BENGKALIS – Pemerintah Desa Resam Lapis, sejak Kamis 6 Februari 2020 mengantarkan staf untuk magang pengelolaan informasi di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis

Langkah ini sebagai upaya Pemerintah Desa Resam Lapis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan informasi publik setiapn kebijakan, progam dan kegiatan pembangunan, serta roda pemerintahan.

Kepala Desa Resam Lapis Junaidi langsung mengantarkan Iir Firmansyah ke Diskominfotik yang langsung diterima oleh Sekretaris Adi Sutrisno. 

Pada kesempatan itu, Junaidi mengatakan punya keinginan agar Desa Resam Lapis, memiliki tenaga yang terampil dalam mengemas setiap kegiatan yang ada menjadi sebuah informasi yang layak dikonsumsi masyarakat. Mengingat di era keterbukaan informasi publik, masyarakat punya hak untuk mengetahui setiap program dan kegiatan yang ada di desa.

Junaidi berharap melalui kegiatan magang ini, Iir Firmansyah mahir menjadi tenaga terampil dalam aspek pengelolan informasi. Tentunya tidak hanya memoto kegiatan, tapi juga mengelola website desa, meliput dan membuat berita. Kemudian mengambil vidoe kegiatan, sekaligus mengeditnya.

 “Kami berharap melalui kerja sama magang ini, kedepan Pemerintah Desa Resam Lapis dapat memiliki tenaga yang terampil dan berkualitas dalam mengelola informasi desa, sehingga masyarakat bisa cepat mengetahui,” ungkap Junaidi.

Junaidi menyerahkan sepenuhnya kepada Diskominfotik dalam menggembleng Iir Firmansyah. Lamanya proses pembelajaran pengelolaan informasi, tanpa batas waktu alias unlimited. Mantan guru SMK ini, menginginkan agar stafnya bisa menguasai materi dan mempratekkan di lapangan.

Sementara itu Sekretaris Diskominfotik Adi Sutrisno, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Resam Lapis yang telah memberikan kepercayaan untuk mengembleng stafnya. 

“Kami siap mengajarkan dan menelurkan ilmu pengelolaan informasi kepada Iir Firmansyah, karena ini sudah menjadi tanggungjawab Diskominfotik,” ungkapnya.

Desa Resam Lapis merupakan satu-satunya desa yang telah menghantarkan stafnya untuk magang dalam pengelolaan informasi. Sejauh ini, Diskominfotik sudah banyak menerima siswa magang yang berasal dari lembanga pendidikan seperti perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan.

Lebih lanjut mantan Kasubbag Peliputan dan Dokumentasi Bagian Humas ini, mengatakan terobosan Pemerintah Desa Resam Lapis mengirimkan staf pengelola informasi ke Diskominfotik, menjadi titik awal daya tarik bagi desa-desa lain untuk mengirimkan stafnya.

“Mudah-mudahan desa lain dapat mengirimkan stafnya sebagai operator dan peliput kegiatan di desa. Tidak hanya itu, kami siap berbagi ilmu kepada pihak kecamatan maupun Perangkat Daerah lainnya,” ungkap Adi Sutrisno. #DISKOMINFOTIK