Bagian PDE Setda Kab.Bengkalis mengadakan Bimtek Pemanfaatan Open Source Software

icon   Pada 25 September 2011 Bagikan ke :

Bengkalis - Dalam rangka meningkatkan sumber daya aparatur pemerintah di bidang IT Pemkab. Bengkalis melalui bagian PDE Setda Kab. Bengkalis mengadakan Bimtek Pemanfaatan Open Source Software pada hari ini, rabu 12 Agustus 2009.

Berdasarkan INPRES No.6 Tahun 2001, tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia, yang merupakan salah satu kerangka kebijakan dan strategi pengembangan teknologi informasi, pemerintah akan mendorong perkembangan industri informasi content dan aplikasi, dimana pendayagunaan perangkat lunak open source perlu mendapat perhatian khusus.

Diikuti deklarasi bersama pencanangan program Indonesia, Go Open Source Oleh lima lembaga /Institusi pemerintah pada Tahun 2004. Selanjutnya Peraturan Presiden No.7, Tahun 2005 tentang RPJMN 2004-2009, adanya : Program peningkatan penggunaan open source system ke seluruh institusi pemerintah dan lapisan masyarakat. Serta terbitnya Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika No. 05/SE/M.KOMINFO/10/2005 kepada seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah untuk menggunakan software legal dengan pilihan cerdas menggunakan open source software, merupakan dasar dan dorongan bahwa instansi pemerintah Indonesia sudah dapat memanfaatkan OSS secara maksimal. Dan berdasarkan surat edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor : SE/01/M.PAN/3/2009 Tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS). Sementara itu, hasil survey yang dilakukan oleh Tim IGOS Kementerian Negara Riset dan Teknologi memperlihatkan beberapa hasil dan kendala dalam melakukan implementasi tersebut, antara lain masih belum biasa, end-user dalam penggunaan aplikasi OSS.

Menindaklanjuti Surat Edaran ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bagian Pengolahan Data Elektronik Setda Kabupaten Bengkalis mulai melakukan proses migrasi ke open source tersebut melalui penyelenggaraan Bimbingan Teknis Linux dan Sistem Network Administrator sebagai upaya menumbuhkembangkan kesadaran para aparatur pemerintah untuk menggunakan perangkat lunak legal yang penggunaannya dapat dimulai dari lingkungan instansi pemerintah sendiri, terang H. Eri Kusuma Pribadi,S.Sos,MP selaku Kabag.PDE Setda kab.Bengkalis.

Menurut beliau, penggunaan perangkat lunak bebas dan terbuka memiliki banyak keuntungan. Selain karena anggaran untuk investasinya rendah, sebagai pengguna juga memiliki kebebasan untuk dikustominasi."Sehingga ini sangat berguna untuk membangun aplikasi sesuai dengan kebutuhan Pemkab Bengkalis mendukung pelaksanaan EGov.

Sebagai aparat tentunya kita mampu menjadi contoh dengan proses migrasi yang kita lakukan ini. Mudah mudahan bisa dicontoh oleh dinas instansi secara umum sehingga proses pembajakan khususnya pada perangkat lunak menjadi berkurang di lingkup instansi Pemerintah Kabupaten Bengkalis..

Pada kesempatan ini, H. Eri Kusuma Pribadi,S.Sos,MP selaku Kabag.PDE Setda kab.Bengkalis berharap kepada para peserta bimtek untuk serius dalam mengikuti bimtek di maksud dan dapat menjadi pelatih bagi teman-teman sekerja di masing-masing SKPD. Apabila peserta yang telah mengikuti bimtek ini menemui kesulitan bisa menghubungi lansung ke Bagian Pengolahan Data Elektronik Setda Kab.Bengkalis atas masalah yang berhubungan dengan migrasi ke open source software tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Zulkifli melaporkan, bimtek Linux dan Sistem Network Administrator tahun 2009, bertujuan untuk menggalakkan pemanfaatan perangkat lunak bebas Open Source software dalam mengurangi penggunaan software bajakan dilingkungan kerja. Bimtek ini memberikan pemahaman kepada peserta mengenai pengoperasian linux dasar dan penggunaan aplikasi OpenOffice berbasis Linux Pembahasan dimulai dari pengantar, pengenalan sistem network, pemahaman open source software, konsep dasar linux & metode instalasi sampai dengan pengoperasian linux itu sendiri. Disamping itu juga akan diajarkan penggunaan aplikasi office OpenOffice Writer, Calc dan Impress. Peserta yang terlibat dalam kegiatan bimtek ini, berasal dari Badan, Dinas instansi Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

sumber Bagian PDE