BeritaBagus Santoso Himbau Masyarakat dan PD Konsumsi Usaha Lokal Tempatan

Bagus Santoso Himbau Masyarakat dan PD Konsumsi Usaha Lokal Tempatan

Repost on : 08/04/2021 15:08 WIB | 28x
Foto Bagus Santoso Himbau Masyarakat dan PD Konsumsi Usaha Lokal Tempatan

BENGKALIS - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso menghimbau masyakat dan Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Bengkalis mengkonsumsi hasil usaha lokal tempatan.

Pernyataan tersebut disampaikan Wabup Bagus saat mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni pada peresmian usaha depot air minum Tirta Resam Lapis (Rela) di Desa Resam Lapis Kamis, 8 April 2021.

“Usaha lokal ini wajib di prioritaskan. Kosumsi harus dari usaha lokal dan mendorong perekonomian desa,” pungkas Bagus.

Dengan rasanya yang enak, Wabup Bagus Santoso meyakini depot air munum Tirta Rela jika menjaga kualitas, mampu bersaing dengan perusahaan besar.

“Alhamdullilah, potensi yang luar biasa ini dibaca cerdas oleh Desa Resam Lapis. Jika ini sudah ada, maka kita bersama-sama wajib memperkenalkannya. Tidak hanya air mineral resam lapis, ada juga madu dari Kembung Luar dan batik dari Teluk Latak yang harus kita dorong,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bagus menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis harus lebih dulu memberikan contoh kepada masyarakat dalam penggunaan produk lokal tempatan.

Dimulai dengan rapat baik ditingkat desa, kecamatan maupun Kabupaten harus menggunakan produk lokal.

“Wajib hukumnya ketika sudah ada BUMDes yang menghasilkan air mineral yang hebat ini, orang kondangan, wong mantu, wong sunatan, rapat desa, rapat rt, kecamatan terutama bantan dan kabupaten harus memakai ini,” ajak mantan Wakil Ketua DPRD ini.

Bagus langkah tersebut sebagai upaya mensosialisasikan dan memberikan tekanan bahwa masyarakat dan pemerintah berpihak kepada usaha lokal.

Kemudian Wabup Bagus Santoso meminta Disperindag untuk memberikan perizinan dan pelatihan guna meningkatkan kualitas produk lokal.

“Saya berharap ini menjadi catatan bagi Disperindag karena kerjasamanya dengan BUMDes ini sehingga usaha-usaha ini akan menjadi maju,” lanjutnya.

Sementara Kades Resam Lapis Junaidi mengungkapkan sejak bulan November promosi telah dilakukan dengan mengratiskan 3 galon ke rumah-rumah warga. Kemudian Januari permintaannya meningkat hingga 3000 liter.

“Beberapa waktu lalu kita telah melakukan ekspansi untuk usaha dengan membuat kolam waduk 5 kali lipat lebih besar, depot kita sudah merambah ke desa tetangga, mudahan kualitas dapat ditingkatkan,” lanjut Junaidi.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhelmi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis  Imam Hakim, Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Adi Sutrisno, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Kepala Seksi (Kasi) Komersial dan Pengembangan Bisnis Bulog Subdivre Bengkalis Ayu, Ketua BUMDes Resam Lapis Fariz. #DISKOMINFOTIIK