Bantan Puskesmas Terbaik se-Kabupaten Bengkalis

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
16-November-2010

BENGKALIS-UPTD Kesehatan Puskesmas Kecamatan Bantan, terpilih sebagai Puskesmas terbaik tingkat Kabupaten Bengkalis, sementara Puskesmas Pembantu (Pustu) terbaik diraih Pustu Serai Wangi, Kecamatan Pinggir dan Poskesdes terbaik diraih Poskesdes Air Putih, Kecamatan Bengkalis.

Tenaga kesehatan teladan diraih Siti Zalekho (teladan I) dari UPTD Kesehatan Puskesmas Bukitbatu, dr Ratnasari Lina (teladan II) dari Pustu Kador, Rupat Utara dan Neneng Suhena (teladan III) dari UPT Kesehatan Puskesmas, Bantan. Pengumuman itu disampaikan pada upacara peringatan ke-46 Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Bengkalis, dipusatkan di lapangan upacara Kantor Bupati, Senin (16/11). Para pemenang mendapat piagam penghargaan dan sagu hati yang diserahkan Wakil Bupati Bengkalis Suayatno.

Peringatan HKN Tema HKN 2010 secara nasional adalah Keluarga Sehat Investasi Bangsa. Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Suayatno, menekankan pentingnya peran keluarga dalam meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat, bangsa dan negara.

“Keluarga merupakan unit terkecil dari suatu bangsa. Di dalam keluarga terjadi interaksi dan komunikasi antara ayah, ibu dan anak yang menjadi awal pentingnya suatu proses pendidikan. Ditanamkannya perilaku hidup yang bersih dan sehat sejak dini dalam keluarga, dapat menciptakan keluarga yang sehat,” ujar Wabup membacakan sambutan Menkes.

Keluarga sehat berkaitan erat dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga. Sejumlah persoalan kesehatan, misalnya diare, dapat dicegah bila masyarakat menerapkan perilaku sehat dengan cuci tangan pakai sabun, minum air yang dimasak dan memanfaatkan sarana kesehatan dengan baik.

Pesan penting dari peringatan HKN tahun ini adalah kesehatan harus dimulai dari rumah, gizi baik, anak tumbuh sehat dan cerdas, menjaga lingkungan dan jadilah keluarga sehat, produktif dan berprestasi.

sumber haluanriau