Bengkalis Bantu Meranti Rp16 Miliar

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
09-March-2010

PEKANBARU - Total APBD Kabupaten Kepulauan Meranti pada 2010 ini hanya sebesar Rp369,7 miliar. Sedangkan untuk bantuan penunjang operasional dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis (kabupaten induk,red) yang diperuntukan bagi Kabupaten Kepulauan Meranti hanya sebesar Rp16 miliar.

Anggaran dari kabupaten induk tersebut di antaranya untuk penunjang operasional sebesar Rp3 miliar dan bantuan subsidi listrik sebesar Rp10 miliar dan bantuan untuk Pilkada sebesar Rp3 miliar.

‘’Kita diinformasikan hanya menerima sebesar Rp16 miliar itu dari Pemkab Bengkalis. Padahal pengajuan di APBD Bengkalis untuk Meranti mencapai Rp160 miliar lebih. Tapi hanya disahkan sebesar itu saja,’’ jelas Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Kabupaten Kepulauan Meranti Drs Masrul Kasmy MSi .

Kemudian untuk bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau, untuk APBD 2010 ini sebesar Rp7 miliar. Terdiri dari anggaran untuk Pilkada sebesar Rp4 miliar dan anggaran bantuan penyelenggaraan Pemerintahan sebesar Rp3 miliar. ‘’Jadi bantuan dari kabupaten induk dan Provinsi hanya sebesar Rp23 miliar saja,’’ kata Masrul Kasmy lagi.

Masrul Kasmy juga menegaskan, untuk seluruh anggaran APBD sebesar Rp369,7 untuk tahun 2010 ini, Pemkab Kepulauan Meranti mengalokasikan anggaran untuk Belanja Tidak Langsung sebesar Rp191,89 miliar sedangkan Belanja Langsung sebesar Rp177,25 miliar. ‘’Dari belanja tak langsung itu dianggarkan untuk gaji PNS di Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp100 miliar,’’ jelasnya.

Alhamdulillah, kata Masrul Kasmy, untuk gaji pegawai Januari-Februari sudah diserahkan. Sedangkan untuk bulan Maret jika tak ada kemungkinan diserahkan dalam pekan ini. ‘’Gaji pegawai untuk tiga bulan ini, didapatkan dari dana penyeimbang dari pusat,’’ tegasnya.(esi)