Besok 2 Menteri ke Rupat Canangkan KTM

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
14-October-2009

Bengkalis - Dua menteri, dan dua utusan khusus menteri di jajaran Kabinet Indonesia Bersatu, akan mengunjungi Pulau Rupat besok, Kamis (15/10). Kepastian kedatangan pejabat dari Jakarta ini disampaikan ole Kepala Bagian Humas, Drs. Johansyah Syafri kepada sejumlah wartawan Selasa (13/10) kemaren.

“Betul sekali, besok dua orang menteri dan utusan khusus menteri akan melakukan kunjungan kerja ke Pulau Rupat. Kedua menteri tersebut adalah Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, DR.Ir.Erman Suparno, MBA, MSi, dan Menteri Kehutanan, MS Kaban. Sedangkan utusan khusus dua menteri, yaitu utusan khusus Menteri Pertanian dan utusan khusus Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan”, jelas Kabag Humas melalui Kasubbag Pengumpulan Informasi Komunikasi dan Pemberitaan, Agusrizal kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa (13/10).

Lebih jauh Agus menjelaskan, kepastian kedatangan kedua menteri ini diperoleh melalui informasi yang langsung dikirim Sekretaris Jenderal Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ir. Besar Setyoko, MM.

“Melalui surat bernomor B.778/SJ/X/2009 tertanggal 9 Oktober 2009 yang ditujukan kepada Gubernur Riau dan ditembuskan kepada Bupati Bengkalis, dijelaskan bahwa kunjungan ini dalam rangka melakukan Pencanangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, dengan lokasi dipusatkan di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat”, jelasnya.

Dijelaskan Agus, rombongan Menakertrans, Menhut, pejabat kementerian pertanian dan pejabat Menko Polhukkam, serta rombongan Gubernur Riau diperkirakan mendarat di Bandara Pinang Kampai pada pukul 10.45 Wib dengan menggunakan pesawat Riau Air Lines dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

“Di Dumai ke dua menteri dan Gubernur Riau disambut oleh Bupati Bengkalis, H Syamsurizal beserta Muspida Kabupaten Bengkalis, dan Walikota Dumai beserta Muspida Kota Dumai. Selanjutnya Menakertrans Erman Suparno dan Menhut MS Kaban dijadwalkan melakukan peninjauan ke Balai Latihan Kerja Dumai”, jelasnya.

Usai peninjauan, menteri dan rombongan berangkat menuju Pulau Rupat dengan menggunakan angkutan laut yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan diperkirakan pukul 12.45 telah sampai di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat untuk melakukan serangkaian kegiatan.

“Diantara kegiatan tersebut adalah peninjauan lokasi KTM yang telah dipersiapkan. Menteri juga akan mendengarkan paparan dari Bupati Bengkalis, H Syamsurizal dan Gubernur Riau H Rusli Zainal tentang kesiapan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Pemerintah Provinsi Riau dalam percepatan perwujudan program KTM ini”, jelasnya. Selain akan memberikan pengarahan, Menakertrans dan Menhut direncanakan akan melakukan beberapa kegiatan lain di Pulau Rupat

“Berdasarkan surat dari Menakertrans juga, direncanakan Penyerahan izin prinsip lokasi KTM dari Menteri Kehutanan, MS Kaban kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kedua menteri direncanakan pula akan melakukan penandatangan prasasti. Ditambah dengan kegiatan penyerahan bibit tebu secara simbolis dari Dirjen Perkebunan kepada calon petani plasma”, jelasnya.

Kunjungan kerja Menakertrans dan Menhut ini, masih Agus, akan diikuti oleh sejumlah pejabat tinggi di kedua kementerian tersebut. Rombongan Menakertrans akan diikuti diantaranya, Dirjen P4 Trans Harry Herian Saleh, Staf Khusus, Agus Suparto, Direktur Petatrans Ditjen P4 Trans, Sobirin Mukhlis, Direktur PTPP, Bonar Darius Ginting, dan Direktur PTTPMK, Prasetyoadi Wasono. Rombongan Menteri Kehutanan akan diikuti oleh, Dirjen Planologi, Sutrisno, dan Direktur PPKH, Dwi Sudarno.

Sementara itu, Menteri Pertanian akan diwakili oleh Dirjen Perkebunan, Achmad Manggabarani dan sejumlah pejabat eselon II. Sedangkan Menko Polhukkam akan diwakili oleh Kepala Deputi IV, Mayjen Slamet.

Usai acara di Pulau Rupat, kata Agus, rombongan menteri dijadwalkan kembali ke Jakarta melalui Bandara Pinang Kampai menuju Pekanbaru, selanjutnya kembali ke Jakarta .

sumber bagian humas setda kab.bengkalis