BPMPD Bengkalis Rekrut 194 Tenaga Pendamping Desa

icon   Pada 1 Desember 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS– Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), segera menyiapkan sebanyak 194 tenaga Pendamping Desa (PD) se-Kabupaten Bengkalis. Ratusan PD yang segera direkrut tersebut ditempatkan pada konsentrasi yang berbeda.

Tenaga PD bidang Ekonomi direkrut sebanyak 102 orang, sedangkan PD bidang Pembangunan berjumlah 92 orang. Setiap desa akan didampingi tenaga PD masing-masing 2 orang, yakni bidang Ekonomi 1 orang, dan pedamping bidang Pembangunan 1 orang.

Program penyiapan tenaga PD dilakukan Pemda Kabupaten Bengkalis ini, lebih diarahkan pada program pendampingan terhadap pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan PD program Usaha Ekonomi Desa – Simpan Pinjam (UED-SP).

“Saat ini masih tahap seleksi dan rencananya akan diumumkan bulan Desember ini. Setelah nama peserta diumumkan, peserta nantinya akan diberikan pembekalan, yang akan dilakukan secepat mungkin,” ujar Kepala BPMPD Kabupaten Bengkalis, Drs Eduar M.Psa. M. Kom kepada wartawan Kamis, (1/12/11).

Tambah Eduar, PD yang akan disediakan tersebut bertujuan, agar pengawasan program desa berjalan dengan baik. “Supaya PD setiap waktunya dapat melakukan pengawasan dalam program desa pada tahun 2012 mendatang,” katanya. “Harapan kita setelah tersedia PD setiap desa nantinya, berperan optimal dalam membantu program masyarakat desa, dan melakukan pengawasan,” pintanya. (dik_RT.C)