BPUD Gelar Lomba Penulisan Cerita Rakyat

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
02-August-2010

Bengkalis - Sebagai pusat inforamsi dan belajar bagi masyarakat luas, Perpustakaan Umum Kabupaten Bengkalis belakangan ini menunjukan kemajuan yang siginifikan.

Jika selama ini pandangan sebagian orang bahwa perpustakaan hanya merupakan tempat penyimpanan buku atau sebatas meminjamkan buku, kini telah mulai menjalankan fungsinya sebagai wahana pendidikan, penelitian pelestarian informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Demikian dikatakan staf Ahli Bupati Bengkalis H Darmawi saat membuka kegiatan lomba penulisan cerita rakyat, kaligrafi, bercerita dalam Bahasa Inggris dan melukis karikatur yang ditaja oleh Badan Perpustakaan Umum, Arsip dan Dokumentasi (BPUD) Kabupaten Bengkalis, Ahad (1/8) di Gedung Cik Puan Bengkalis.

Dikatakannya, menciptakan kebiasaan ingin membaca memang bukanlah perkara mudah. Namun jika tidak dibiasakan sedini mungkin akan merugi di masa datang, karena apapun yang ingin dicapai tidak terlepas dari ilmu pengetahuan yang tak mungkin didapat tanpa melalui proses belajar dan membaca.

‘’Menjadi masyarakat dan anak-anak gemar membaca, bukan semata-mata tugas pemerintah atau guru, tapi juga orangtua. Jadikan gemar membaca sebagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari, dan tak hanya sebatas hobby saja,’’ terang Bupati.

Bupati sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan, mengingat kegiatan ini memberikan kesan positif bagi para pelajar untuk menumbuhkembangkan potensi yang ada pada dirinya, sekligus menyaluran bakat yang dimiliki serta memotivasi minat dan gemar membaca.

Berbagai lomba yang digelar, sebagaimana diterangkan ketua panitia Khairuddin R Nur untuk menumbuhkembangkan kepedulian siswa, generasi muda dan masyarakat secara umum untuk menggali dan mengkaji segala informasi yang berkembang di tengah mayarakat dalam peningkatan pengetahuan, seperti upaya mengetahui tentang asal usul nama suatu desa/kampung dimana ia berdomisili.

Berbagai lomba yang digelar ini tak hanya dilaksanakan di Kecamatan Bengkalis, namun juga di kecamatan lainnya secara bertahap. Selain lomba, pada kegiatan kemarin, juga digelar dialog interaktif dengan Bahasa Inggris.(evi)