Peninjauan di Arboretum Gambut Marsawa Sungai Pakning: Bupati Amril Mukminin Dukung Azam Gubri H Syamsuar Ingin Jadikan Bukit Batu Kawasan Objek Wisata

icon   Pada 12 Oktober 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra mendukung penuh niat baik Gubernur Provinsi Riau (Gubr) H Syamsuar bersama Deputi IV Badan Restorasi Gambut (BRG) Haris yang ingin menjadikan Bukit Batu sebagai kawasan objek wisata.

Dukungan tersebut diucapkan disampaikan H Heri Indra Putra, ketita Gubri bersama rombongan melakukan peninjauan di Arboretum Gambut Marsawa binaan CSR PT Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu, Jum'at kemarin, 11 Oktober 2019.

"Kami sangat menyambut baik atas kunjungan sekaligus peninjauan yang dilakukan Gubri bersama rombongan. Semoga kedatangan Gubri di sini, dapat segera mewujudkan Kecamatan Bukit Batu sebagai objek wisata," kata Heri.

Sambung Heri, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung penuh niat baik Gubri ingin jadikan kawasan gambut sebagai objek wisata.

"Kita berharap pengembangan terhadap tanah gambut dan azam ingin dijadikan sebagai kawasan objek wisata, tidak hanya di Kecamatan Bukit Batu, namun juga dapat menyusul dari kecamatan lain yang bisa dijadikan sebagai kawasan wisata," ujar Heri.

Sementara itu Gubri H Syamsuar mengatakan, tujuan peninjauan ini adalah untuk melihat langsung taman wisata ini, dimana sebelumnya lahan ini adalah hutan dan sekarang bisa disulap menjadi suatu objek wisata di Kecamatan Bukit Batu, Negeri Junjungan ini.

“Kami lihat kawasan wisata ini sudah bisa dijadikan Agro wisata BRG dan sebagai percontohan di kabupaten lainnya, karena walaupun saat ini sudah dikembangkan 1 hektare, tapi berbagai macam tanaman terdapat di dalamnya, sehingga berada di wisata ini menjadi nyaman," ungkapnya.

Orang nomor satu di Riau ini berkeinginan agar taman wisata ini teru dikembangkan lebih luas lagi. Bukan hanya 1 hektare. Karena dengan dikembangkan wisata tanah gambut ini adalah langkah awal menghidari kebakaran hutan dan lahan.

“Di kawasan wisata ini kami menginginkan masukan program ini ke dalam program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang telah kita laksanakan sehingga nantinya mampu kita kembangkan”, tutupnya.

Turut mendamping kunjungan kerja Gubri H Syamsuar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau Dadang Eko Purwanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan H Ervin Rizaldi, Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis Ermi Juli Harnis, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bengkalis Djamaludin, Kepala Satuan Pamong Praja Kabupaten Bengkalis Jenri Salmon Ginting.

Kemudian Kapolsek Bukit Batu Kompol Hendrik, Camat Bukit Batu H Mulyadi, Camat Siak Kecil M Fadlul Wajdi, Plt Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, Manager Pertamina Sei Pakning Fajar Basuki.##DISKOMINFOTIK