BeritaBupati: ASN Jaga Netralitas Agar Tercapai Pilkada Aman, Damai, Berkualitas dan Bermartabat

Bupati: ASN Jaga Netralitas Agar Tercapai Pilkada Aman, Damai, Berkualitas dan Bermartabat

Repost on : 09/01/2020 16:21 WIB | 21x
Foto Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Bersama Stakeholder Terkait Pengawasan Pendaftaran Bakal Calon Perseorangan Serta Pemetaan Terhadap Daerah Rawan Pelanggaran Dalam Tahap Pilkada Tahun 2020, di Aula Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Kamis (9/1/2020).

BENGKALIS, PROKOPIM - Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Bustami HY menghadiri acara Rapat Koordinasi dan Konsolidasi bersama Stakeholder terkait Pengawasan Pendaftaran Bakal Calon Perseorangan serta Pemetaan Terhadap Daerah Rawan Pelanggaran dalam tahap Pilkada tahun 2020, bertempat di Aula Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Kamis (9/1/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis Mukhlasin, dengan agenda acara pembahasan tentang Pemetaan wilayah kerawanan konflik dalam pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 di Kabupaten Bengkalis. Adapun beberapa hal yang dibahas seperti adanya politik uang, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Perangkat Desa. Selanjutnya dalam kampanye terdapat praktik mempengaruhi pemilih untuk memilih atau tidak memilih calon tertentu berdasarkan Agama, Suku, Golongan dan terdapat juga praktik menghina atau menghasut diantara pemilih terkait isu Agama, Suku, Ras dan Golongan.

Menangapi hal tersebut H. Bustami mengatakan sangat mengapresiasi Bawaslu atas terlaksananya rapat Koordinasi dan konsolidasi ini, karena koordinasi sangat penting.

"Koordinasi ini mudah diucapkan tetapi pelaksanannya selalu ada kendala jadi dengan adanya pedoman-pedoman ini kendala yang ada bisa kita minimalisir dan kita mendapat informasi penting tentang pelaksanaan Pilkada nantinya," ujar Bustami. 

Selanjutnya Bustami HY menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Perangkat Desa Kabupaten Bengkalis untuk menjaga netralitas agar tercapai Pilkada yang aman, damai, berkualitas dan bermartabat.

"Kami menghimbau kepada ASN dan Perangkat Desa agar dapat memposisikan diri dan netral dalam pelaksanaan pilkada nantinya dan bukan berarti ASN tidak ada pilihan tetapi tidak di perbolehkan berperan aktif dalam pilkada yang terkesan berpihak dengan salah satu calon," himbau Bustami. 

Tampak hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kesbangpol Hermanto Baran, Kepala Dinas BKPP Djamaludin, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Pasi OPS Kapten Inf Moldoyo Sancoko, Kapolres Bengkalis diwakili Kasat Intelkam AKP Yanu Rihardi.SIK, Ketua Kejaksaan Negeri Bengkalis Nanik Kushartanti, Sekretaris Diskominfotik Adi Sutrisno dan komisioner KPU Saproni.