Bupati Buka Forum SKPD

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
18-March-2010

Bengkalis - Bupati Bengkalis Drs. H Syamsurizal, MM, membuka Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (Forum SKPD), bertempat di aula Kantor Bappeda lantai II, Rabu (17/30).

Dalam pengarahannya, Bupati mengatakan, forum ini dalam rangka menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2010. Semenjak diberlakukannya otonomi daerah hingga sekarang berjalan seiring dengan reformasi serta perimbangan keuangan pusat dan daerah.

“Artinya daerah penghasil minyak memperoleh lebih besar anggaran dari biasanya. Jelas ini merupakan rahmat tersendiri bagi Kabupaten Bengkalis yang selama sebelum otonomi daerah kesulitan dalam pembangunan karena anggaran yang kecil”, jelas Bupati Bengkalis.

Lebih jauh dikatakannya, dengan anggaran yang besar ini tidak serta merta segala persoalan pembangunan telah selesai.

“Sudah selesaikah permasalahan pembangunan bila anggaran kita telah besar? belum, dan tidak serta merta urusan selesai. Sudah sejahterakah? Juga belum. Bila ada pemahaman seperti itu, itu jelas keliru. Karena pembangunan itu berproses dan tidak langsung menjadikan orang miskin menjadi kaya”, jelasnya.

Menurut Syamsurizal, pembangunan tidak akan pernah berhenti Karena tidak semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

“Bila sebuah kebutuhan masyarakat terpenuhi, maka akan muncul kebutuhan lainnya dan ini tetap berkelanjutan. Persoalannya adalah bagaimana memenej itu semua dengan baik”, harapanya.

Selain untuk menyusun program dan anggaran, kata Bupati yang akan mengakiri masa baktinya pada bulan Agustus berharap, forum SKPD juga membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah lima tahun ke depan.

“Tahun 2010 adalah tahun terakhir pembangunan berdasarkan RPJM 2005-2010. untuk itu, forum ini saya minta juga menyusun RPJM lima tahun ke depan untuk tahun 2011-2015. Dengan demikian, untuk kegiatan tahun 2011 relevan dengan RPJM lima tahun ke depan. Semakin cepat RPJM itu disusun, semakin cepat RPJM itu selesai dan langsung singkron dengan kegiatan 2010”, harapnya.

Syamsurizal miinta kepada seluruh kepada SKPD untuk menjaga konsistensi seluruh kegiatan yang akan dirumuskan.

“Jangan sampai putus, mesti bersifat kontinuitas dan konsisten. Saya mengakui ketidakkonsistensian kita sebenarnya adalah dalalm hal data yang cenderung berubah-ubah. Hal ini mesti menjadi input untuk forum ini. Supaya hal ini tidak terjadi lagi, lakukan perencanaan berdasarkan peta kemiskinan dan perwilayahan yang telah disusun beberapa waktu lalu”, harapnya.

Pada bagian lain, Syamsurizal minta pula kepada seluruh kepada SKPD untuk melakukan perencanaan yang akan menghasilkan multi player effect.

“Jangan lupa bahwa pemerintah tidak akan dapat membangunan dengan maksimal jika tidak melibatkan pihak swasta, karena kemampuan pemerintah soal keuangan yang ada sangat terbatas. Untuk itu, perencanaan yang disusun termasuk penyusunan RPJMD hendaklah dapat menggerakkan keterlibatan pihak swasta secara maksimal”, harapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda selaku penyelenggara dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan forum ini adalah sebagai wadah singkronisasi dan koordinasi antar SKPD sehingga memperoleh kesamaan pandangan dalam penyusunan RKPF 2011.

“Hasil dari forum SKPD ini adalah penyelenggaraan kegiatan Musrenbang yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2010 di Bengkalis”, jelasnya.

Forum SKPD dilaksanakan selama satu hari penuh, yang dihadiri oleh, seluruh kepada SKPD, Asisten Setda, Staf ahli, sekretaris DPRD, seluruh camat, dan seluruh kepada bagian dilingkup secretariat daerah.

sumber bagian humas