Bupati Kasmarni, Siap Fasilitasi Pustu Menjadi Puskesmas Rawat Inap di Desa Bukit Kerikil

icon   Pada 14 Oktober 2021 Bagikan ke :

BANDAR LAKSAMANA - Saat melakukan Kunjungan Kerja di Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksamana, Bupati Bengkalis Kasmarni sengaja mengunjungi Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa tersebut.

Disana, Kepala Daerah Bengkalis langsung melihat kondisi bangunan dan fasilitas kesehatan yang tersedia. Mengingat sektor kesehatan merupakan pelayanan dasar masyarakat dan telah termuat dalam salah satu dari delapan program unggulan daerah, yakni program pelayanan kesehatan total bagi masyarakat.

Bupati Kasmarni menyempatkan diri berdiskusi dan bertanya terkait apa saja keluhan dan harapan masyarakat setempat terhadap pusat kesehatan masyarakat satu-satunya disana.

Salah seorang Tokoh Masyarakat setempat Muhammad Husein menceritakan beberapa harapan dan kendala yang dialami masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Harapan besar masyarakat kepada Bupati Wanita tersebut salah satunya, keinginan pustu menjadi puskesmas rawat inap. Mengingat, selama ini masyarakat mesti menempuh perjalanan yang jauh ketika ingin berobat dan mendapatkan pelayanan lanjutan, dan RSUD Dumai tentunya menjadi tujuan pertama, karena jarak tempuh yang dekat.

Tidak heran, jika mereka meminta Pustu di Desa tersebut dijadikan sebagai Puskesmas Rawat Inap, yang diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengatasi berbagai persoalan pelayanan kesehatan masyarakat di Desa Bukit Kerikil.

Menanggapi harapan masyarakat setempat, Bupati Bengkalis siap dan akan berusaha mengabulkan permintaan tersebut. Sebagai wujud kepedulian dan keprihatinannya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat tersebut. 

"Tentunya saya prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat saya saat ini, Insya Allah kami akan berusaha menjadikan Pustu ini sebagai Puskesmas Rawat Inap. Tapi saya minta masyarakat untuk menyiapkan administrasi yang dibutuhkan terlebih dahulu," ujar Bupati Wanita pertama di Kabupaten Bengkalis itu.

Terkait fasilitas kesehatan di Pustu ini, sambung Bupati Bengkalis, saya akan mengintruksikan dinas terkait untuk segera mempersiapkan fasilitas umum yang memang harus tersedia disini. 

"Selain itu, nanti kita juga akan siapkan SDM nya disini. Sebagai salah satu sektor yang harus kita siapkan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan persiapan menuju puskesmas rawat inap. nantinya," ujar Kasmarni. #PROKOPIM