Bupati Optimis Realisasi APBD Bengkalis Tercapai

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
10-November-2010

BENGKALIS - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh tetap optimis bahwa realisasi APBD Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2010 akan tercapai per 31 Desember. Saat ini, seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi APBD.

'Saya sudah perintahkan kepada seluruh SKPD untuk terus bekerja secar maksimal. Realisasi (APBD,red) harus benar-benar maksimal per 31 Desember ini,' ujar Bupati Bengkalis usai apel Hari Pahlawan di Lapangan Tugu Bengkalis, Rabu (10/11).

Bupati Bengkalis mengaku belum tahu pasti berapa total realisasi APBD terakhir, karena dirinya baru saja pulang dari mengikuti pendidikan. Namun, informasi awal menyebutkan bahwa realisasi APBD sudah lebih besar dari 40 persen. 'Kemarin-kemarin memang 40 persen, tapi informasi yang saya terima sekarang ini sudah lebih. Cuma berapa lebihnya itu yang saya belum tahu pasti, karena saya baru saja pulang dari mengikuti pendidikan,' kata Bupati Bengkalis .

Ketika ditanya alasan rendahnya realisasi APBD, Bupati Bengkalis mengungkapkan, hal itu terjadi salah satunya karena faktor keterlambatan proses pengesahan. Memang ketuk palunya lebih cepat bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi ketuk palu itu merupakan rangkaian proses pengesahan.

'Setelah itu masih ada tahapan lainnya seperti proses verifikasi. Praktis, APBD baru bisa digunakan sudah bulan April. Sementara kita tahu APBD kabupaten Bengkalis ini cukup besar,'kata Bupati Bengkalis .

Karena itu, untuk tahun anggaran 2011 mendatang, dirinya berharap APBD 2011 bisa disahkan lebih cepat lagi, kalau bisa pada bulan Desember ini. Guna mencapai target tersebut, dirinya sudah memerintahkan kepada masing-masing SKPD agar mempersiapkan proses penyusunan RAPBD sesegera mungkin.(Zul)

Dikutip dari Metroriau