Dari UPZ Ibadurrahman. Wabup Bengkalis Serahkan Beasiswa untuk Pelajar Manda dan Pinggir

icon   Pada 15 April 2012 Bagikan ke :

PINGGIR - Sebanyak 2.932 siswa dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas se - Kecamatan Mandau dan Pinggir menerima bantuan bea siswa dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Ibadurrahman. Bantuan bea siswa yang bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno sempena peresmian gedung baru dan dua uni asrama dengan nama Rumah Cemerlang di kawasan rumah Yatim Darul Aitam Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Ahad (15/4/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial diwakili H Zulkifli, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis, H Fidel Fuadi Datuk Majo Basa, Hj Mira Roza, Direktur UPZ Ibadurrahman, Khairul Umam, sejumlah tokoh masyarakat dan seribuan siswa penerima beasiswa. Kepada penerima beasiswa Wabup berpesan agar tetap semangat menata diri dan tidak malu dengan kondisi kesulitan ekonomi yang dialami.

"Penerima bea siswa jangan malu, tapi lebih semangat menata diri. Ingat banyak orang sukses berasal dari orang kecil,"pesan Wabup Suayatno. Disampaikan Wabup kegiatan pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi kerakyatan yang dilaksanakan UPZ Ibadurrahman selaras dengan program Pemdakab Bengkalis dalam melakukan pemberantasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi kerakyatan. Untuk itu program yang dilakukan UPZ perlu didukung oleh segenap umat muslim yang ada di daerah Kecamatan Mandau dan Pinggir. Disisi lain Direktur UPZ Ibadurrahman, Khairul Umam menyampaikan bahwa bea siswa yang diberikan merupakan dana yang dihimpun dari umat muslim kota Duri dan sekitarnya. Program bea siswa itu sudah dimulai sejak tahun 2005 lalu dan penerima terus meningkat setiap tahunnya.

"Tahun lalu penerima bea siswa sebanyak 2072. Tapi tahun ini meningkat 30 persen dengan penerima 2932. Mudah-mudahan dengan program ini tak ada lagi anak yang putus sekolah,"jelasnya lagi.

Serahkan Asrama

Penyerahan beasiswa simbolis itu juga dibarengi dengan peresmian gedung dan penyerahan bantuan dua unit "Rumah Cemerlang" untuk asrama putra. Bantuan itu bersumber dari dana APBD Bengkalis 2011 lalu.

Dengan anggaran APBD Bengkalis tahun 2011 lalu, dibangunkan dua asrama putra dan putri bagi anak anak yatim yang bernaung di Rumah Yatim " Rumah Cemerlang" Darul Aitam Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir. Penyerahan langsung dilakukan Wakil Bupati Bengkalis Drs. Suayatno yang didampingi kadis kesos Kabupaten Bengkalis.

"Potensi penerimaan zakat di Bengkalis amat besar. Adalah tugas UPZ Ibadurrahman untuk menggali potensi ini. Pengelolaan zakat yang baik adalah potensi bagi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bengkalis. Kepada anak anak penerima bea siswa jangan putus asa dan menyesali hidup. Namun tetap bersemangat," demikian Ujar Wakil Bupati Bengkalis dalam sambutannya.

"Program rumah cemerlang ini kita dukung karena menghapus image mengenai panti. Jadi mereka tidak berpikir tinggal di panti, namun mereka tinggal di sebuah rumah yang memberi masa depan yang labih baik bagi mereka. Disini adalah rumah bagi mereka," ujar anggota DPRD Bengkalis Dr. Fidel Fuadi yang turut peduli dengan Rumah Cemerlang ini.

Ditambahkan Fidel, Pihaknya juga berharap rumah yatim itu bisa menjadi alternatif bagi anak yatim lain yang ada di Kecamatan Pinggir dan sekitarnya."Kita berharap, jika ada anak yatim yang tidak bersekolah di luar sana, tolong antarkan ke Rumah Cemerlang ini. Disini akan kita sekolahkan hingga mereka mendapatkan masa depan yang lebih pasti. Jangan jadikan anak yatim mengemis di pinggir jalan sana,"ujarnya mengakhiri.***(hen)