Daring Melalui Website, Pendaftaran CPNS Tahun 2019 Mulai 11 November 2019

icon   Pada 29 Oktober 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Kabar gembira untuk calon pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Sebagaimana telah dipublikasikan banyak media dalam jaringan (daring) atau online, pembukaan pendaftaran CPNS 2019 pada tanggal 11 November 2019 mendatang.

“Pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id”, jelas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Senin, 28 Oktober 2019, sebagaimana dikutip dari sumsel.tribunnews.com dalam berita bertajuk, ‘CPNS 2019, Pendaftaran CPNS Dibuka 11 November 2019, Daftar Online di https://sscasn.bkn.go.id’.

Masih mengutip sumber yang sama, pembukaan pendaftaran rekrutmen CPNS 2019 akan dilaksanakan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Ditegaskan Ridwan, satu orang pelamar hanya dapat melamar pada satu formasi di satu instansi.

Katanya, ada sejumlah dokumen wajib disiapkan peserta, di mana nantinya akan diunggah ke portal SSCASN.

Dokumen tersebut antara lain scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah, transkrip nilai asli dan beberapa dokumen pendukung lain yang disyaratkan oleh instansi.

Ridwan menambahkan, dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 dapat melakukan pengumuman resmi di situs web dan media sosial masing-masing.

Ketika pendaftaran daring dibuka, masyarakat dapat terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang ada dalam portal SSCASN.

"Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mempelajari informasi yang tertuang pada kanal Frequently Asked Question (FAQ) yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar," ujar Ridwan.

Apabila FAQ idak dapat memberikan jawaban atas persoalan pendaftaran, BKN menyediakan kanal helpdesk daring dalam portal yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan.

"Dalam kanal tersebut akan tertuang sejumlah tahapan pengaduan yang dapat dilakukan pelamar untuk kemudian disampaikan solusinya oleh petugas helpdesk daring," tutur Ridwan.

Ridwan menambahkan, mulai tanggal 11 November 2019, BKN juga membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN yang akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring.

Sebelumnya, pengumuman resmi pembukaan rekrutmen CPNS telah disampaikan melalui urat dengan nomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang ditandatangani Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Ingin tahu surat dengan nomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tersebut, silahkan klik di sini. #DISKOMINFOTIK