Hari Ini Bertambah 25 Orang Anggota Baru: Eksistensi dan Manfaat E-Pusda Kabupaten Bengkalis Diakui Warga Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

icon   Pada 21 Februari 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS -- Keberadaan dan perkembangan layanan e-Pusda atau elekronik Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkalis bukan hanya dinikmati masyarakat tempatan.

Masyarakat kabupaten/kota jiran di Provinsi Riau seperti Pekanbaru, Siak, Kampar, Pelalawan, Dumai, Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti, juga sangat merasakan manfaat perpustakaan elektronik yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut.

Bahkan, kini eksistensi serta daya guna dan hasil gunanya juga dirasakan sampai ke provinsi di ujung utara pulau Sumatera dan paling barat di Indonesia, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Salah satu warga NAD yang merasakan manfaat e-Pusda Kabupaten Bengkalis ini adalah . Mahasiswa kelahiran 17 Oktober 1997 ini adalah warga Melauboh, Kelurahan Seuneubok.

"E-Pusda ini adalah tempatnya buku. Kami bisa membaca buku apa saja yang kami butuhkan, dan aplikasi e-Pusda ini sangat membantu bagi kita yang sedang menyusun skripsi dan lain sebagainya," jelas Bobi, begitu warga Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat ini akrab disapa, memberikan penilaiannya.

Namun di bagian lain, Bobi memberi saran kepada pengelola e-Pusda Kabupaten Bengkalis, agar jangan pernah menyulitkan pengguna aplikasi ini.

Kadis Persip Kabupaten Bengkalis H Suwarto25 Anggota Baru

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis H Suwarto mengatakan, Bobi adalah member atau anggota baru dari NAD yang terdaftar hari ini, Kamis, 21 Februari 2019.

Katanya, "terjaringnya" Bobi menjadi anggota e-Pusda Kabupaten Bengkalis, berkat sosialisasi yang dilakukan melalui media sosial (Medsos).

"Sosialisasi yang kita lakukan tidak sebatas face to face. Tetapi juga melalui Medsos seperti Instagram, facebook, WhatsApp (WA) dan Medsos lainnya," jelas Suwarto.

Suwarto menambahkan, sampai hari ini, jumlah member e-Pusda Kabupaten Bengkalis sebanyak 858 orang.

"Hari ini jumlah pendaftar baru sebanyak 25 orang. Salah satunya Bobi dari Kecamatan Johan Pahlawan, NAD tersebut," imbuhnya.

Kemudian, melalui screenshoot yang dikirimkannya ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik pada pukul 17.18 WIB tadi, jumlah pembaca e-Pusda Kabupaten Bengkalis sebanyak 1.651 pembaca dan yang tengah membaca 49 orang dengan sirkulasi buku dibaca sebanyak 4.691. #DISKOMINFOTIK