BeritaForum Anak Kecamatan Mandau: “Ingat, Jangan Menikah di Usia Dini”
Cegah Stunting dan Agar Keluarga Harmonis:

Forum Anak Kecamatan Mandau: “Ingat, Jangan Menikah di Usia Dini”

Repost on : 20/11/2019 08:12 WIB | 10x
Foto Anggota Forum Anak Kecamatan Mandau ketika tampil di pencanangan Gerakan Bupati “TIBA” (Timbang Anak) di Desa, Selasa, 19 November 2019

DURI -- Standar usia pernikahan generasi muda minimal untuk Laki-laki harus berusia 25 tahun, sedangkan perempuan 21 tahun. Bila masih di bawah usia tersebut berisiko melahirkan generasi yang kurang berkualitas.

Dalam usia pernikahan, perempuan di bawah 21 tahun masih kategori anak. Masih butuh perbaikan gizi dan masa pertumbuhan. Sehingga tidak mampu menghasilkan anak berkualitas.

Selain itu, pernikahan di usia muda, akan sulit membentuk keluarga yang harmonis.

Intinya jadilah Generasi Berencana (GenRe), termasuk dalam merencanakan usia pernikahan.

Melalui kolaborasi puisi dan drama musikal, pesan itulah yang disampaikan Forum Anak Kecamatan Mandau, ketika tampil pada kegiatan pencanangan Gerakan Bupati “TIBA” (Timbang Anak) di Desa tingkat Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan pencanangan gerakan tersebut langsung dilakukan Bupati Amril Mukminin yang dipsautkan di halaman kantor Kelurahan Talang Mandi, Duri, Kecamatan Mandau, Selasa, 19 November 2019.

Di bagian lain, melalui kolaborasi puisi dan drama musikal tersebut, Forum Anak Kecamatan Mandau juga mengingatkan pentingnya pemenuhan gizi pada Balita agar anak tidak stunting.

Di bagian lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis H Raja Arlingga melalui Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Wasiah mengatakan, seluruh pengurus dan anggota forum anak di daerah ini siap membantu mencegah anak stunting.

“Selain ikut memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya pemenuhan gizi pada anak, kegiatan yang dilakukan forum anak tentu dengan mengajak generasi muda di daerah ini menjadi GenRe. Diantaranya dengan tidak menikah di usia dini,” jelasnya.

Sebab, tambah wasiah, pernikahan dini, juga bisa memicu stunting.

“Semakin muda seorang perempuan menikah, maka makin tinggi risiko anaknya mengalami stunting. Penyebabnya, antara lain karena organ-organnya belum siap untuk melahirkan anak,” jelasnya.

Selain tampil dengan kolaborasi puisi dan drama musikal, pada kegiatan pencanangan tersebut, Forum Anak Kecamatan Mandau juga dipercaya menyambut kedatangan Bupati Amril dan rombongan melalui tari persembahan. #DISKOMINFOTIK