BeritaH Abdi: Kabupaten Bengkalis Siap Sampaikan LKPD Sebelum Lebaran
Ikuti Vidcon Pelaksanaan Tugas Pemeriksaan LKPD tahun 2020 Oleh Perwakilan BPK Riau

H Abdi: Kabupaten Bengkalis Siap Sampaikan LKPD Sebelum Lebaran

Repost on : 21/01/2021 08:38 WIB | 74x
Foto

BENGKALIS, PROKOPIM - Pj Bupati Bengkalis H Syarial Abdi Ikuti Video Conference (Vidcon) Pelaksanaan Tugas Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 dan menjaring masukan terkait tugas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rabu (20/1/2021), di Ruang Rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis.

Ikut mendampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY, Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis H Tengku Zainuddin, Inspektur Bengkalis Rafiardi Ikhsan dan Kepala BPKAD Bengkalis Aulia.

Kepala BPK Provinsi Riau, Widhi Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa Vidcon ini dilaksanakan dengan tujuan menjalin komunikasi baik dan efektif antara Perwakilan BPK Provinsi Riau dengan Kabupaten/Kota Provinsi Riau guna melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan tanggung jawab Keuangan Negara terutama di Provinsi Riau.

"Untuk itu, kami harapkan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota mendukung penuh tugas dan fungsi Perwakikan BPK Provinsi Riau guna mencapai tujuan untuk menciptakan Pemerintahan yang baik (good governance)," kata Widhi.

Selanjutnya Widhi juga menjelaskan tentang alur pemeriksaan LKPD tahun 2020, Pemerintah Daerah Wajib menyerahkan LKPD kepada Perwakilan BPK Riau yang mana pemeriksaannya dimulai pada 25 Januari 2021 dan paling lambat penyerahan LKPDnya pada 5 Maret 2021. Sedangkan pada tanggal 8 atau 9 Maret 2021 akan dilaksanakan pemeriksaan secara terperinci. Dan pada tanggal 8 Mei 2021 dilaksanakan penyerahan LHP atas LKPD tahun 2020.

"Pemeriksaan ini kita laksanakan lebih cepat dari tahun sebelumnya, dengan alasan teknis bahwa kita akan menyambut lebaran IED pada bulan Mei mendatang, untuk itu dilakukan percepatan agar tidak terjadi kendala dan beban kerja yang tertunda dengan alasan liburan IED. Dan kami harapkan agar Pemerintah Daerah siap untuk melaksanakankan itu. Dengan harapan segera menyerahkan LKPD sesuai tanggal yang ditetapkan demi kelancaran tugas Perwakilan BPK Riau," harap Widhi.

Sementara Pj. Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi dalam tanggapannya melalui Vidcon tersebut mendukung penuh pelaksanaan dan menyesuaikan tahapan rencana yang telah ditetapkan oleh BPK.

"Kami setuju dengan jadwal tersebut. Dan Insya Allah untuk Kabupaten Bengkalis akan mengupaya segera menyampaikan LKPDnya. Karena tahapan demi tahapan sudah mensosialisasikan hal tersebut dan kami harap sebelum lebaran sudah bisa diserahkan sementara untuk tingkat dan capaian Kabupaten Bengkalis berada pada posisi baik," kata Abdi. 

Kemudian diakhir tanggapannya H Abdi siap menerima kunjungan Perwakilan BPK Riau ke Kabupaten Bengkalis guna menjalin komunikasi dan mempermudah tugas dan fungsi BPK dalam melakukan audit. Mengingat di Bengkalis berada pada zona kuning Covid-19, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.