Hari Ini 195 ODP Baru Covid-19 Tiba di Bengkalis Melalui Bandar Sri Laksamana

icon   Pada 29 Maret 2020 Bagikan ke :

BENGKALIS – Sekitar pukul 15.00 WIB, Ahad, 29 Maret 2020, sebanyak 195 penumpang dari luar negeri kembali ke tanah air melalui Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis.

Karena pulang dari negara terjangkit Covid-19, Malaysia, mereka menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Harus melaksanakan isolasi diri atau karantina mandiri di rumah.

Setelah mendapat pengarahan tentang karantina mandiri dari jajaran Polres Bengkalis, disemprot disinfektan serta pengukuran suhu tubuh oleh petugas Dinas Kesehatan, mereka langsung didata olem tim gabungan dari Polres Bengkalis, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis.

Usai itu dan sebelum meninggalkan BSL untuk melanjutkan perjalanan atau pulang ke rumah masing-masing, mereka satu per satu memasuki ruang VVIP BSL.

Di ruang VVIP ini mereka kembali diperiksa suhu tubuh dengan menggunakan Health Quarantine Check (alat deteksi suhu tubuh) bantuan Kementerian Kesehatan.

Selain penumpang dari luar negeri, seluruh penumpang lokal juga mendapat perlakukan yang sama.

Saat ditemui di BSL, Kadis Perhubungan melalui Sekretaris H Zul Asri menjelaskan, 195 penumpang yang pulang melalui Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau), tiba dua gelombang.

“Menggunakan 2 kapal. Batam Jet 6, dan Dumai Line 9,” jelas Zul Asri, seraya mengatakan tak ada yang menggunakan speedboat Keritang sebagaimana kemarin.

Zul Asri merinci, yang menggunakan Batam Jet 6 sebanyak 109 orang, 88 laki-laki dan 21 perempuan.

“Sedangkan untuk Dumai Line 9, sebanyak 86 orang. Terdiri dari 79 laki-laki dan 7 perempuan,” imbuhnya.

Namun demikian, Zul Asri belum bisa merinci secara pasti apakah 195 ODP baru itu seluruhnya warga Kecamatan Bengkalis dan Bantan, atau ada warga kecamatan lain di daerah ini.

“Secara detail kami belum dapat laporan dari petugas tentang asal mereka. Namun kemungkinan besar semuanya penduduk Kabupaten Bengkalis,” katanya.

Bila 195 ODP baru itu seluruhnya penduduk asal kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, maka hingga hari ini total ODP Covid-19 bertambah menjadi 2.196 dari sebelumnya 2.001 ODP. #DISKOMINFOTIK