Hari ini KPU tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Terpilih

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
15-June-2010

BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari, Selasa (15/6), selain melanjutkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara, juga akan menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabub) Bengkalis periode 2010-1015 terpilih. Rapat tersebut dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut

Rapat ini digelar menyusul telah selesainya penghitungan suara ulang di Kecamatan Mandau. Rapat pleno tersebut merupakan lanjutan rapat sebelumnya yang dilaksanakan Kamis (10/6) lalu yang dilaksanakan di tempat yang sama.

“Insya Allah rapat pleno akan kita lanjutkan besok siang pukul 14.00 WIB," jelas Ketua KPU Bengkalis Iskandar, Senin (14/6) kemarin. Dikatakan Iskandar, repat pleno penghitungan suara ulang di Kecamatan Mandau telah selesai Minggu malam kemarin. Perolehan suara tertinggi diraih oleh pasangan nomor urut 2, H Herliyan Saleh-H Suayatno.

“Kita belum dapat laporan tertulis dari PPK Mandau. Tapi berdasarkan informasi lisan, suara terbanyak diraih oleh pasangan Herliyan Saleh-Suayatno," ujar Iskandar. Namun, berdasarkan data yang diperoleh, pasangan Herliyan Saleh Suayatno menempati urutan teratas dengan perolehan suara 96.429 atau 43,56 persen.

Sementara pasangan nomor urut 1, H Sulaiman Zakaria-H Arwan Mahidin di posisi kedua dengan suara yang berhasil diraih sebanyak 87.944 atau 39,73 persen, Sedangkan pasangan Zulfan Heri-H Syahrin Yunan di tempat ketiga yang meraih 22.507 suara atau 10,17 persen. Dan, di tempat terakhir pasangan H Normansyah Abdul Wahab-H Syamsul Gusri dengan 14.487 suara atau 6,54 persen.

Pleno yang digelar KPU hari ini memang merupakan yang kedua kalinya. Pleno rekapitulasi penghitungan suara pertama dilaksanakan Kamis (10/6) lalu. Namun, pleno tersebut terpaksa diskorsing karena dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis baru 7 kecamatan yang selesai dihitung.

Tujuh kecamatan yang sudah diplenokan hasil penghitungan suara pada Kamis minggu lalu itu adalah Kecamatan Bengkalis, Bantan, Rupat, Rupat Utara, Bukit Batu, Siak Kecil dan Pinggir. Sementara Kecamatan Mandau baru Munggu malam kemarin selesai dihitung ulang.

Pada pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU Bengkalis yang digelar, Kamis minggu lalu itu, untuk 7 kecamatan pasangan nomor urut 2 H Herliyan Saleh-h Suayatno unggul 61.957 suara atau 46,33 persen, diikuti pasangan nomor urut 1 H Sulaiman Zakaria- H Arwan Mahidin 56.092 suara atau 41,94 persen. Sedangkan posisi ketiga diduduki pasangan calon Zulfan Heri-h Syahrin Yunan 8.027 suara atau 6,00 persen. Sementara pasangan H Normansyah Abdul Wahab-h Syamsul Gusri di posisi terakhir dengan meraih 7,663 suara atau 5,73 persen.

Dengan kata lain, berdasarkan hasil tujuh kecamatan yang telah diplenokan KPU Bengkalis, ditambah dengan Kecamatan Mandau yang akan digelar plenonya hari ini, dapat dipastikan pasangan H Herliyan-H Suayatno akan ditetapkan KPU Bengkalis sebagai pasangan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakan Kamis (3/6) lalu.

sumber bagian humas