Idul Fitri, Empat Roro Disiapkan

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
21-August-2010

Bengkalis - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis menyiagakan empat kapal Roro untuk melayani arus penyeberangan kendaraan maupun penumpang dari Bengkalis ke Sungai Pakning atau sebaliknya untuk menghadapi Idul Fitri nanti.

’Saat ini masih seperti biasa, dua operasi, satu standby. Namun pada saat H-7 dan H+7 nanti kita akan operasikan tiga kapal, satu standby,’’ ujar Kadishubkominfo Bengkalis H Joni Syafrizal ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/8).

Walau demikian, ujar Joni, tidak tertutup kemungkinan keempat-empat Roro tersebut akan dioperasikan secara sekaligus. ‘’Tergantung kondisi di lapangan nantinya. Kalau memang arus kendaraan dan penumpang padat, akan kita dioperasikan keempat-empatnya sekaligus,’’ tegas Joni.

Empat Roro yang akan dioperasikan tersebut, tiga milik pihak swasta yakni Aeng Mas, Banyu Mas dan Adi Swadarma. Sedangkan satu lagi Roro milik Pemkab Bengkalis, Tasik Gemilang. Dijelaskan Joni, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pada H-7 biasanya arus kendaraan maupun penumpang yang padat itu adalah dari Sungai Pakning ke Bengkalis. Sementara pada H+7 sebaliknya, yaitu dari Bengkalis ke Sungai Pakning.

Dishubkominfo juga telah menggelar rapat internal untuk membentuk tim yang akan bertanggung jawab terhadap kelancaran arus mudik selama Idul Fitri nanti. Setelah rapat internal ini, nantinya akan digelar rapat gabungan dengan instansi terkait seperti Adpel, Bea Cukai, Imigrasi, Dinas Kesehatan, Dinas Bina Marga dan Pengairan, kepolisian dan TNI.

‘’Tadi kita baru menggelar rapat internal terkait persiapan Idul Fitri. Setelah ini akan ada lagi rapat koordinasi antar instansi terkait yang akan dipimpin oleh bupati,’’ jelas Joni.

Pada kesempatan itu Joni menyampaikan bawah pihaknya telah memasang empat traffic light yang tersebar di Mandau-Pinggir dan Kota Bengkalis. Untuk Mandau-Pinggir telah dipasang dua unit traffic light untuk simpang tiga. Sementara Kota Bengkalis, satu traffigh light untuk simpang empat dan satu untuk simpang tiga.

‘’Dengan telah dipasangnya empat unit trafic light ini, harapan kita tidak terjadi ada lagi kesembrawutan dan kecelakaan lalu lintas,’’ ujar Joni.(Evi/rnl)