BeritaIpda Iswanto Wibowo, “Ada Beberapa Faktor Penyebab Terjadi Kenakalan Remaja”

Ipda Iswanto Wibowo, “Ada Beberapa Faktor Penyebab Terjadi Kenakalan Remaja”

Repost on : 11/09/2019 22:15 WIB | 9x
Foto Siswa-siswi Satuan Pendidikan SMP Negeri 2 Bengkalis mengikuti penyuluhan dari jajaran Polres Bengkalis, Rabu, 11 September 2019

BENGKALIS – Iptu Iswanto Wibowo dari Unit  Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bengkalis mengatakan,  KERA atau Kenakalan Remaja adalah suatu perbuatan yangg melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat.

“KERA dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa” jelasnya.

Dia mengemukakan itu ketika menjadi pemateri kedua pada penyuluhan tentang kenakalan remaja dan perilaku menyimpang terhadap perempuan dan anak di Satuan Pendidikan SMP Negeri 2 Bengkalis, Rabu, 11 September 2019.

Penyuluhan yang ditaja bekerjasama dengan Tim Mediator Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Kabupaten Bengkalis ini, diikuti sekitar 60 siswa-siswi SMP Negeri 2 Bengkalis.

Dijelaskannya, ada beberapa faktor penyebab terjadi KERA. Yakni, reaksi frustasi diri, gangguan berfikir dan intelegensia remaja, dan kurangnya pengawasan orang tua.

Kemudian, sambungnya, dasar agama yang kurang, tak ada media penyalur bakat/hobi, keluarga broken home, serta pengaruh kawan sepermainan.

Jauhi Hoax

Kepada pelajar SMP Negeri 2 yang hadir yang umumnya pengguna media sosial, dia juga meminta agar menjaga media sosial dari informasi hoax atau kabar bohong.

“Hoax sangat berbahaya. Jauhi hoax atau kabar bohong”, ajak Iptu Iswanto Wibowo, sebelum sesi foto bersama.

Sebelum Iptu Iswanto Wibowo, sebagai pemateri pertama, Kanit PPA Polres Bengkalis, Ipda Fauzi terlebih dahulu memberikan motivasi kepada siswi-siswi SMP Negeri 2 tentang bagaimana mewujudkan cita-cita.

“Cita-cita harus diperjuangkan, walaupun akan ditemukan banyak rintangan yang harus dilalui. Nikmati semua itu dengan sabar dan ikhlas. Bermimpilah setinggi langit, sehingga kita akan berjuang untuk meraihnya”, paparnya.

Selain Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (PHPA) PDinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis Wasiah, hadir juga dalam penyuluhan tersebut Kepsek SMP Negeri 2 Tugimin.

Kemudian, guru sekaligus SMP Negeri 2 Bengkalis yang juga pembina Forum Anak Kecamatan Bengkalis, Nurhasanah. #DISKOMINFOTIK#