Jadwal Keberangkatan Kapal RoRo Berubah

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
22-August-2009

BENGKALIS -- Jadwal keberangkatan kapal penyeberangan RoRo Bengkalis-Sei Pakning dan sebaliknya mengalami perubahan selama bulan puasa. Perubahan tersebut dilakukan guna menyesuaikan antara waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan salat Maghrib dan waktu salat tarawih.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi, Jonisyafrizal kepada media ini, Jumat (21/8). 'Perubahannya memang tak begitu banyak, hanya penyesuaian sedikit antara waktu berbuka dan saat salat tarawih. Dengan demikian, tidak mengganggu jalannya ibadah puasa masyarakat,' ujar Joni.

Dikatakan perubahan jadwal keberangkatan berlaku untuk kapal yang berangkat dari Bengkalis maupun Sei Pakning. Untuk trip I keberangkatan dimulai pukul 07.30 WIB, trip II dimulai pada pukul 09.00 WIB, trip III pukul 10.30 WIB. Selanjutnya, untuk trip IV pada pukul 12.00 WIB tidak melayani penumpang umum melainkan trip khusus untuk kendaraan BBM dari Sei Selari. Kemudian trip V pukul 14.00 WIB, trip VI pukul 15.30 WIB, trip VII pukul 17.00 WIB, trip VIII pukul 19.00 WIB dan trip terakhir pukul 22.00 WIB.

Khusus untuk hari Jumat, kata Joni, jadwal keberangkatan dipercepat yaitu untuk trip I berangkat pukul 07.00 WIB, trip II berangkat pukul 08.30 WIB, trip III pukul 10.00 WIB, dan trip IV berangkat pukul 11.30 WIB. 'Untuk trip berikutnya sama seperti hari-hari lain. Pergeseran ini kita lakukan agar masyarakat yang ingin menunaikan salat Jumat tidak terburu-buru,' ujarnya.

Joni mengatakan, seperti hari-hari biasa pada bulan puasa ini kapal yang beroperasi tetap dua buah dengan arah yang berbeda, satu dari Bengkalis dan satunya lagi dari Sei Pakning, namun dengan jadwal yang sama sebagaimana disebutkan sebelumnya. Sedangkan untuk rencana tambahan kapal menjelang lebaran, saat ini Pemkab Bengkalis melalui Dishub Infokom sedang dalam tahap penjajakan.

Penjajakan dimaksud kata Joni, pada awalnya ada rencana untuk menambah satu unit kapal lagi dengan kapasitas yang lebih kurang sama dengan kapal yang ada saat ini. Namun, dalam perkembangannya ada pemikiran untuk tidak menambah armada baru, melainkan cukup mengganti armada lama dengan armada yang lebih besar.

'Artinya, jumlah kapal tetap tapi kapal yang satu ini kita tukar dengan kapasitas yang lebih besar, jadi jumlah kendaraan yang bisa ditampung lebih banyak. Namun, ini baru wacana dan bagaimana keputusannya lihat nantilah,' jelasnya.

Pada prinsipnya, kata Joni, Dishub Infokom sudah siap total melayani penyeberangan dari Bengkalis-Sei Pakning maupun sebaliknya. Meski jadwal telah ditetapkan, namun tidak menutup kemungkinan jadwal ditambah kalau masih banyak penumpang belum tertampung dengan jadwal yang ada.

'Begitu juga kapal milik pihak ketiga ini, selagi menurut hitung-hitungan mereka jumlah penumpang yang belum tertampung masih banyak, maka mereka siap tambah trip. Jadi tidak khuatirlah dengan penyeberangan,' kata Joni lagi. (evi/rpg)

Dikutip dari dumaipos