BeritaKabid PHPA Wasiah, “SRA Melindungan Semua yang Merugikan Anak di Sekolah”

Kabid PHPA Wasiah, “SRA Melindungan Semua yang Merugikan Anak di Sekolah”

Repost on : 11/09/2019 22:14 WIB | 10x
Foto Kabid PHPA DPPPA Kabupaten Bengkalis Wasiah (berkacamata), memberikan sambutan pada penyuluhan Polres Bengkalis di SMP Negeri 2 Bengkalis, Rabu, 11 September 2019

BENGKALIS – Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (PHPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkalis, Wasiah menjelaskan, salah satu upaya utk mencegah terjadi kekerasan di sekolah dengan menerapkan Sekolah Ramah Anak (SRA).

SRA memberikan perlindungan terhadap semua yang merugikan anak selama di sekolah (8 jam di sekolah)”, jelasnya.

Wasiah mengatakan itu memberikan sambutan pada kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan Polres Bengkalis di SMP Negeri 2 Bengkalis, Rabu, 11 September 2019.

Penyuluhan tersebut dilaksanakan bekerjasama Tim Mediator Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Kabupaten Bengkalis. Tim Mediaotor ini dinakhodai oleh Yusnani.

“SRA menerapkan disiplin positif yang dilaksanakan sesuai dengan martabat anak dan tanpa kekerasan”, imbuh Wasiah dihadapan sekitar 60 pelajar SMP Negeri 2 Bengkalis yang mengikuti sosialisasi tersebut.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wasiah berpesan agar tidak ada lagi terjadi kekerasan terhadap anak di sekolah.

“Apabila para guru menemukan kejahatan yang dilakukan oleh anak, dekati mereka. Tanyakan permasalahannya, karena pada umumnya mereka tidak mendapatkan mendapatkan kasih sayang dan perhatian dalam keluarga atau anak-anak yang broken home”, paparnya.

Lalu, sambungnya, mereka mencari perhatian di sekolah. Karena umumnya tidak bisa berprestasi, mereka memilih cara-cara yang instansi dengan berbuat onar di sekolah.

Sebelum Wasiah memberikan pengarahan, terlebih dahulu diawali sambutan guru SMP Negeri 2 Bengkalis yang juga pembina Forum Anak Kecamatan Bengkalis, Nurhasanah.

Lalu, Kepala Satuan Pendidikan (Kepsek) SMP Negeri 1 Bengkalis, Tugimin. Dia menyambut baik kegiatan ini dan meminta seluruh peserta mengikutinya dengan baik.

Ingin Bergabung di FAN

Sejumlah siswa-siswi SMP Negeri 2 Bengkalis yang berhasil diminta komentarnya, sangat berharap sekolah mereka dijadikan SRA.

Tak hanya itu, mereka juga ingin bergabung dan menjadi anggota Forum Anak (FAN).

Dari Polres Bengkalis, materi penyuluhan dalam kegiatan yang bertajuk ‘Kenakalan Remaja dan  Perilaku Menyimpang Terhadap Perempuan dan Anak’ tersebut disampaikan oleh Ipda Fauzi dan Iptu Iswanto Prabowo. #DISKOMINFOTIK#