BeritaKadis PMD Yuhelmi, “Hasil Rapat Direview Ulang, Panitia Kabupaten Menunggu Hasil LAMR”

Kadis PMD Yuhelmi, “Hasil Rapat Direview Ulang, Panitia Kabupaten Menunggu Hasil LAMR”

Repost on : 10/09/2019 07:07 WIB | 58x
Foto Kadis PMD Kabupaten Bengkalis Yuhelmi

BENGKALIS – Bertempat di ruang Hang Jebat, ruang rapat lantai II kantor Bupati Bengkalis, Senin kemarin, 9 September 2019, ditaja rapat panitia pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat kabupaten.

Rapat itu digelar sempena Pilkades Serentak Gelombang III di Kabupaten Bengkalis.

Didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Yuhelmi, rapat itu dipimpin Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum.

Salah satu persoalan yang dibahas tentang Pilkades di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan.

Pasalnya, di desa ini, panitia pelaksana di tingkat desa, belum bisa mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan.

Yakni, hingga saat ini belum ada penetapan bakal calon (Balon) Pilkades. Panitia setempat meminta perpanjangan waktu.

Penyebabnya, karena ada perbedaan berkas pencalonan Balon. Terutama yang berkaitan dengan rekomendasi dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kesumbo Ampai.

Yuhelmi menjelaskan, awalnya ada 5 orang Balon yang direkomendasikan Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Dewan Pengurus Harian (DPH) LAMR desa setempat.

“Namun, seiring berjalan waktu, adalah lagi rekomendasi dari LAMR Kesumbo Ampai. Namun rekomendasi itu hanya ditandatangani Ketua MKA. Sedangkan DPH tidak. Hal ini membuat panitia dalam keraguan”, terangnya.

Solusinya, imbuh Yuhelmi, sesuai hasil rapat panitia tingkat kabupaten tersebut, untuk sementara mereview ulang.

“LAMR Kabupaten Bengkalis akan memanggil Ketua MKA dan DPH LAMR Kesumbo Ampai untuk membahas permalsahan masalah tersebut. Panitia Kabupaten melalui Dinas PMD menunggu hasil tersebut”, tutupnya.

Di 10 Desa, di 7 Kecamatan

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya, Pilkades Serentak Gelombang III dilaksanakan di 10 desa di 7 dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

adapun desa-desa dimaksud adalah Wonosari (Kecamatan Bengkalis), Bukitbatu dan Pangkalan Jambi (Bukitbatu), Tenggayun dan Bukit Kerikil (Bandar Laksmana).

Kemudian, Teluk Lecah dan Sungai Cingam (Rupat), Harapan Baru (Mandau), Kesumbo Ampai (Bathin Solapan), dan Tasik Serai (Talang Muandau).

Dihadiri Stakeholder Terkait

Selain dari pihak terkait di Pemkab Bengkalis, seperti Dinas PMD, Badan Kesbang, Inspektorat, Dinas Perhubungan, Diskominfotik, Bagian Humas, dan Pemerintah Kecamatan, sejumlah pihak dari instansi vertikal dan stakeholdel terkait lainnya yang terlibat dalam kepanitiaan di tingkat Kabupaten terlihat hadir. 

Diantaranya dari LAMR Kabupaten Bengkalis, Dandim 0303/Bengkalis, Polres Bengkalis, KPU Kabupaten Bengkalis dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis.

Dari LAMR Kabupaten Bengkalis, hadir dalam rapat tersebut, diantaranya Ketua DPH Datuk Seri H Sofyan Said. #DISKOMINFOTIK#