Ketua PKK Bengkalis Kasmanri Dukung BPNT: Kamis, Bantuan Pangan Non Tunai Diluncurkan di Lapangan Tugu Bengkalis

icon   Pada 9 Oktober 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Bertempat di lapangan Tugu Bengkalis, Kamis, 10 Oktober 2019, sekitar pukul 09:00 WIB, akan dilaksanakan lounching (peluncuran) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Ketika diminta komentarnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Selasa, 8 Oktober 2019, mengatakan, sangat mendukung program ini.

Menurutnya, program ini lebih baik. Lebih menjamin pemenuhan kebutuhan keluarga dari sisi gizi maupun kualitas beras.

“Insyaallah, melalui program ini tidak akan ada lagi keluhan masyarakat tentang kualitas besar yang kurang baik”, jelasnya.

Dia mengimbau kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima BPNT, agar memanfaatkan program BPNT ini sesuai dengan ketentuan.

“Yakni, harus dibelanjakan untuk membeli beras dan telur. Bukan yang lain”, pesannya, mengingatkan.

Dengan membelanjakannya untuk membeli beras dan telur, sambung Kasmarni, berarti KPM telah ikut bertanggung jawab dalam meningkatkan ketahanan pangan di tingkat keluarga.

“Hal ini sejalan dengan 10 program pokok PKK. Yaitu program ke-3 (pangan) dan program ke-10 (perencanaan sehat)”, jelas Kasmarni.

Kadis Sosial Kabupaten Bengkalis Hj Martini (Foto: Afriyansyah)

Bersama 3 Daerah Lain

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Hj Martini menjelaskan, pada September 2019, ada 3 daerah lainnya di Provinsi Riau yang mendapat alokasi BPNT pada perluasan tahap II.

Hal tersebut sesuai surat Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementrian Sosial Nomor: 416/4.2/DI.01/03/2019 tentang persiapan Transformasi Program Bantuan Non Tunai (BPNT) tahun 2019.

“Selain Kabupaten Bengkalis, alokasi BPNT serupa juga didapat Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Rokan Hilir”, jelas Hj Martini.

Hj Martini menjelaskan, tranformasi dimaksud adalah perubahan dari bantuan beras sejahtera (Rastra) yang dulu dikenal dengan Raskin yang diterima sebanyak 10 kg/bulan berubah menjadi BPNT senilai Rp110.000/bulan.

Uang tersebut, imbuhnya, memang hanya boleh dipergunakan untuk membeli bahan pangan, yaitu beras dan telur.

“Tujuan agar KPM dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan beras yang berkualitas baik (medium/premium) dan memberikan gizi yang lebih seimbang kepada keluarga”, pungkas Martini.

Jika tak ada perubahan, peluncuran BPNT di lapangan Tugu Bengkalis tersebut akan dilakukan Bupati Amril Mukminin.

Dan bila tak ada aral melintang, Kadis Sosial Provinsi Riau H Dahrius Husin, Kepala Bulog Sub Drive Dumai Mujahidin dan Kepala Bulog Sub Drive Bengkalis Berdian Wiradika Damanik, serta Head Of Business Banking PT BNI (Persero) Tbk Wilayah Padang Erisman, juga hadir saat peluncuran BPNT tersebut. #DISKOMINFOTIK#