Bustami Buka FGD Kedaulatan Data Harus Diwujudkan

icon   Pada 13 Desember 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS, HUMAS - Data adalah jenis kekayaan baru Bangsa kita. Kini data lebih berharga dari minyak. Oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan.

Hal itu diungkapkan Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Kependudukan yang ditaja oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkalis di ruang rapat Hotel Horizon, Jum'at (13/12/2019) pagi.

 

Dengan mengusung tema “Sinergi Meningkatkan Partisipasi dan Kolaborasi Dalam Penyediaan Data Kependudukan Berkualitas".

Menurutnya, data merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam penelitian dan perencanaan pembangunan. Sensus Penduduk (SP) merupakan kegiatan pendataan penduduk secara Nasional yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali sebagai amanat Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang statistik.

“Hak warga Negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan, tidak boleh ada kompromi,” jelas Bustami.

Diterangkan, di tahun 2020, Badan Pusat Statistik kembali melaksanakan SP2020. SP2020 yang bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Keberhasilan pelaksanaan SP2020 merupakan tanggung jawab kita bersama. Besarnya cakupan pendataan SP2020 ditambah dengan semakin kompleksnya mobilitas penduduk di tahun 2020 menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi. Untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan publisitas yang masif, intensif, dan tersegmentasi agar mampu mendata penduduk indonesia yang memiliki karakteristiknya tersendiri, baik menurut geografi dan demografi,” tegasnya.

Kemudian diakhir sambutannya Bustami mengungkapkan, satu data indonesia tentunya menjadi acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data. Untuk itu, sangat diperlukan partisipasi dan dukungan kita semua sehingga menjamin kesuksesan pelaksanaan SP2020.

Hadir Perwira Kodim 0303 Bengkalis Isnanu, Kepala BPS Provinsi Riau Misfaruddin, Kepala BPS Bengkalis Sukarwanto, Ketua MKA LAMR Bengkalis T. Zainuddin Yusuf, Peserta FGD dan undangan lainnya.