koordinasi yang baik, akan memberikan hasil maksimal

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
Bengkalis - Bupati Bengkalis H Syamsurizal menegaskan bahwa koordinasi yang baik antar sub system dalam sebuah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan antar SKPD dengan SKPD lainnya, merupakan salah satu kunci sukses pelaksanaan kegiatan di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Penegasan itu disampaikan Syamsurizal ketika menjadi Pembina apel Senin di halaman Kantor Bupati Bengkalis, Senin (19/10) kemarin. Kata Syamsurizal, tanpa adanya koordinasi yang baik, pelaksanaan kegiatan tidak akan memberikan hasil maksimal.

“Selain untuk sinkrinisasi, koordinasi yang baik, baik antar bagian dalam sebuah SKPD maupun antar SKPD merupakan factor penentu terlaksananya kegiatan sebagaimana diharapan,” tegas Syamsurizal, mengingatkan.

Disamping itu, bupati minta seluruh aparatur di lingkungan Pemkab Bengkalis, peka dan terus mengikuti perkembangan informasi. Tanpa mengikuti perkembangan informasi yang ada, khususnya yang berkaitan dengan bidang tugasnya, maka seorang pegawai negeri tidak akan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, informasi berkembang sangat cepat dan begitu pesat. Seorang pegawai negeri tidak boleh ketinggalan informasi. Kalau memang tidak atau belum mengetahuinya, tanyakan. Tak perlu malu,” kata Syamsurizal.

Usai apel Senin, Syamsurizal langsung memimpin rapat evaluasi kegiatan APBD 2009 di masing-masing SKPD. Selain seluruh kepala SKPD, rapat yang dilaksanakan di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Bengkalis itu, juga dihadiri Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, Asisten I H Burhanuddin, Asisten II H Mukhlis dan Asisten III H Arianto.

Dalam rapat tersebut, bupati langsung meminta penjelasan tentang realisasi keuangan dan fisik masing-masing kegiatan kepada setiap kepala SKPD. Kepada Kepala SKPD yang realisasinya masih rendah, bupati juga meminta solusi agar keuangan dan fisik kegiatan dapat diselesaikan paling lambat akhir Desember 2009.

Berdasarkan penjelasan masing-masing kepala SKPD, saat ini rata-rata realisasi keuangan sudah mencapai sekitar 40 persen. “Meskipun begitu, ada SKPD yang realisisasinya hingga awal Okrober ini sudah mencapai lebih dari 80 persen”, kata Syamsurizal saat ditemui usai memimpin rapat.

Ketika ditanya apakah realisasi anggaran APBD 2009 ini dapat mencapai 100 persen pada akhir tahun anggaran, sementara waktu yang tersisa sekitar dua setengah bulan lagi, Syamsurizal mengatakan akan berupaya semaksimal mungkin. “Akan kita upayakan seoptimal mungkin”, katanya.

Ditambahkan Syamsurizal, sebenarnya saat ini rata-rata realisasi anggaran APBD 2009 tersebut sudah lebih besar dari 40 persen. Karena, katanya, angka 40 persen itu belum termasuk kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan yang dananya belum dibayarkan.

“Berdasarkan laporan dari masing-masing kepala SKPD, sebenarnya saat ini sudah banyak SKPD yang telah menyelesaikan kegiatan fisiknya di atas 80 persen, namun anggarannya belum dicairkan dan masih dalam proses pencairan, sehingga realisasi keuangannya belum dapat dilaporkan”, jelasnya.

Pada bagian lain, Syamsurizal menegaskan, sebagian kegiatan yang saat ini belum dilaksanakan di masing-masing SKPD, umumnya adalah kegiatan non fisik. Karena itulah, dia optimis anggaran APBD 2009 dapat direalisasikan semaksimal mungkin.

“Akan kita upayakan dapat direalisasikan semuanya. Masing-masing kepala SKPD sudah diinstruksikan untuk segera mengambil langkah-langkah konkrit agar anggaan yang tersedia seluruh dapat direalisasikan sebelum tahun anggaran 2009 berakhir”, jelasnya

sumber bagian humas setda kab.bengkalis