Matangkan Proses Jalur Cepat, Polbeng Gelar FGD

icon   Pada 24 November 2020 Bagikan ke :

BENGKALIS - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) terpilih sebagai salah satu politeknik yang dijadikan pilot project untuk implempentasi program kolaborasi fast track ( jalur cepat )SMK DII. 

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Dalam rangka mendukung link and match kerjasama antara Politeknik, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Pihak industri.

Dalam rangka mendukung terwujudnya perogram tersebut, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Johny Custer menggelar kunjungan dengan beberapa sekolah kejuruan di wilayah Kecamatan Bengkalis beberapa waktu lalu.

Turut Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Sekolah SMKN 3 Bengkalis Kusno, dan Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Bengkalis Rusdiyanto, Ketua Jurusan Teknik Informatika Danuri, dan Beberapa unsur guru SMK.

Pertemuan ini dalam rangka untuk mewujudkan Program SMK Fast Track DII atau program SMK 4,5 Tahun. 

Dengan program ini maka lulusan SMK bisa langsung mendapat ijazah Diploma II melalui skema kerjasama pendidikan vokasi. 

Siswa akan mendapatkan ijazah SMK dari SMK yang telah ditunjuk memgikuti fast track, dan Ijazah Diploma II (DII) dari Politeknik Negeri Bengkalis serta sertifikat kompetensi dari industri atau dari Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui industri.

"Kerjasama Polbeng dan beberapa sekolah SMK di Bengkalis merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pernikahan masal lembaga pendidikan vokasi dengan industri, pihaknya siap berkolaborasi untuk mewujudkan program ini" Ujar johny custer.

Sementara itu Danuri selaku ketua Jurusan Teknik Informatika juga menambahkan bahwa kurikulum program SMK D2 fast track ini nanti akan dirancang bersama-sama oleh pihak SMK, Polbeng, dan Pihak industri.

Sementara itu pihak sekolah juga menyambut baik program ini sebagai salah satu bentuk kolaborasi pendidikan vokasi untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam bidang kompetensi kerja. ##DISKOMINFOTIK