Mei 2019, BPBD Bengkalis Tangani 20 Kebakaran Lahan

icon   Pada 21 Juni 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Selama Bulai Mei 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis telah menangani 20 kebakaran lahan hutan.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis H Tajul Mudardris melalui rilis yang dikirim ke Diskominfotik Bengkalis, Kamis 20 Mei 2019.

Pada tanggal 1 Mei 2019 terjadi kebakaran lahan di Jalan Lintas Duri Dumai (KM 12 Kulim) Kecamatan Bathin solapan, sementara tanggal 1 sampai 3 Mei 2019 juga terjadi kebakaran lahan di Jalan Jend. Sudirman Koto Pait Beringin Pinggiran Sungai Panton Kecamatan Talang Muandau. Dan kebakaran lahan gambut di Jalan Dusun Permai Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan.

Kemudian tanggal 4 Mei terjadi kebakaran lahan kosong di Jalan Siak Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin solapan, kebakaran lahan gambut Jalan Tegar Kecamatan Mandau, pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2019 terjadi kebakaran lahan gambut perkebunan sawit di Jalan PU Kecamatan Rupat, Kebakaran lahan di Jalan Rangau KM 11 Kecamatan Bathin Solapan, kebakaran lahan gambut perkebunan karet di Jalan Jeram Kecamatan Rupat dan kebakaran lahan di Jend Sudirman Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya pada tanggal 9 hingga 13 Mei 2019, kebakaran lahan perkebunan karet di Jalan Stadion Kecamatan Bukit Batu, kebakan lahan di Jalan 125 RT Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan 2019, kebakarann lahan gambut perkebunan sawit di Jalan Tegar Ujung Kecamatan mandau, kebakaran lahan Jalan Siak Gang. Nangka Kecamatan Bathin Solapan dan kebakaran lahan di Jalan Jend. Sudirman KM 3 Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau.

Berikutnya masih tanggal 11 sampai 13 Mei 2019, terjadi di kebakaran lahan di Jalan Hasan Desa Bantan Sari Kecamatan Bantan,  kebakaran lahan di Jalan Syahdan Kecamatan Rupat dan kebakaran lahan Jend. Sudirman Kecamatan Talang Muandau.

Tanggal 22 hingga 27 Mei 2019 terjadi kembali kebakaran lahan di Jalan Mekar Sari  Kecamatan Rupat, kebakaran lahan di Rampang Kecamatan Rupat dan tanggal 28 Mei 2019 kebakaran lahan gambut perkebunan di Jalan Tegar Ujung Kecamatan Mandau.

Tajul mengatakan,  pada bulan Mei 2019  kejadian bencana alam di Kabupaten Bengkalis lebih didominan kebakaran lahan dan perkebunan. Pihaknya  bersama TNI / Polri, MPA , MPB dan Regdam telah melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan.

“Untuk itu kami tidak bosan-bosan menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta juga tetap waspada dan menjaga lahan maupun perkebunan yang dimiliki.#DISKOMINFOTIK