Meriahnya Bursa Inovasi Desa Cluster I Gerbang Utama

icon   Pada 6 Agustus 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Bursa Inovasi Desa (BID) yang merupakan program Pengelolaan Inovasi Desa kembali digelar, namun pada tahun ini ada yang berbeda, Bursa Inovasi Desa ini diselenggarakan oleh masing-masing kecamatan.

Kali ini, Bursa Inovasi Desa Cluster I Gerbang Utama untuk Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan digelar di Aula lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin, 5 Agustus 2019.

Acara pembukaan dimulai dengan tari persembahan oleh siswi SD N 1 Bengkalis, pemutaran testimoni inovasi desa, diakhiri dengan pemukulan gong oleh Sekda H Bustami HY dampingi Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Camat Bantan Reza Noverindra dan Ketua Pelaksana BID Agus Salim, pertanda Bursa Inovasi Desa Cluster I Gerbang Utama dimulai.

Ketua Pelaksana BID Agus Salim mengatakan peserta BID Cluster I berjumlah 51 desa terdiri dari 28 desa di Kecamatan Bengkalis dan 23 desa di Kecamatan Bantan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan Pemerintah Desa sebagai solusi menyelesaikan masalah, serta alternatif kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan dana desa yang efektif dan inovatif,”harap Agus.

Usai dibuka secara resmi, para perwakilan desa mulai memasuki Ruang Bursa sesuai kebutuhan desanya dan mengisi Kartu Komitmen beserta Kartu Ide. Setelah pengisian kartu maka dimulai rapat pleno untuk menetapkan inovasi-inovasi yang ada bagi desa di Kecamatan Bengkalis dan desa di Kecamatan Bantan.

Ruang Bursa dibagi menjadi tiga yakni A, B dan C, Bursa A untuk Pengembangan Infrastruktur Desa, Bursa B Ekonomi Kewirausahaan, Bursa C untuk Sumber Daya Manusia.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan, Ketua BID cluster II, III dan IV serta para pendamping desa.#DISKOMINFOTIK