Musda ke-XII, Gubernur Riau Harapkan Pramuka Dapat Berkontribusi Dalam Kehidupan

icon   Pada 13 Desember 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS - Gerakan Pramuka Indonesia saat ini dihadapi tantangan yang tidak ringan karena masih banyak  yang memandang kegiatan pramuka hanya sekedar baris berbaris, menyanyi bersama, kemah dan sebagainya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin melalui Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY pada acara Ramah Tamah dan Pembukaan Musyawarah Daerah XII Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau, Kamis, 12 Desember 2019 di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis.

"Hal ini terkadang menjadi penyebab kegiatan pramuka tidak begitu diminati, padahal sesungguhnya, kepramukaan lebih dari sekedar hal tersebut melainkan kepramukaan melatih karakter generasi muda seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi dan kemandirian," kata Bustami.

Bustami menambahkan pramuka juga mengajarkan rasa cinta tanah air bagi generasi muda yang memiliki arti sebagai rasa nasionalisme dan patriotisme, untuk itu menjadi anggota pramuka saat ini tidak usah diragukan lagi.

"Mari kita mencari formula agar kegiatan pramuka kedepannya senantiasa dikembangkan sesuai minat dan bakat siswa  yang akan menjadi kegiatan menyenangkan dan bermanfaat," kata Sekda.

Selanjutnya, Bustami berharap dengan gerakan pramuka khususnya di Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dapat menjadi salah satu wadah dalam membina para generasi muda yang maju, bermartabat dan berahlak mulia sehingga dapat menjadi pahlawan masa kini.

Sementara itu Gubernur Riau selaku Kamabida Riau H Syamsuar berharap dengan dilaksanakan Musda ini dapat menyelaraskan rencana kerja dengan visi dan misi Provinsi Riau, kedepan juga dapat menghasilkan tujuan pramuka yang membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa dan berahklak mulia.

"Pendidikan kepramukaan ini sebagai salah satu pilar kaum muda di Indonesia dituntut untuk lebih berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan mampu menyelesaikan masalah kaum muda,"kata Gubri Syamsuar. ##DISKOMINFOTIK