P3M Polbeng Akan Jadikan ‘Sagu’ Sebagai Produk Unggulan Daerah

icon   Pada 9 September 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Polbeng akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang  bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Dinas Ketahanan Pangan untuk pengembangan produk unggulan Daerah.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala P3M Akmal Indra, Senin, 9 September 2019 ketika melaksanakan pertemuan di Dinas Ketahanan Pangan Jalan Antara Bengkalis.

Akmal mengatakan produk yang akan dilaksanakan ini adalah 'Sagu' yang akan di olah menjadi Mie Sagu.

"Kerjasama ini dilaksanakan selama tiga tahun secara bertahap, pada tahun pertama kita akan menerapkan hasil penelitian di Usaha Kecil Menengah (UKM) Barokah yang berada di Kecamatan Bengkalis," kata Akmal.

Akmal memaparkan, pada tahun kedua nantinya akan menerapkan metode bagaimana untuk bekerja dengan baik kemudian bekerja dengan sehat dan higienis.

"Sedangkan pada tahun ketiga kita akan fokus untuk pengembangan produk dan kemasan nanti juga kita akan distribusikan baik itu secara online maupun ke supermarket yang ada di Kabupaten Bengkalis," jelas Akmal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Syahrizan mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung dengan adanya kerjasama ini karena Pemkab juga optimis dengan produk sagu ini memiliki tujuan yang sama yakni Sagu Riau menyapa dunia.

"Dengan adanya kerjasama ini tentu produksi sagu di Bengkalis semakin baik dan di kenal lebih luas kepada masyarakat serta dapat memberikan dampak perekonomian yang lebih baik," kata Syahrizan yang didampingi Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Susy Hartati.##DISKOMINFOTIK