Pemkab Bengkalis Komit Dukung Program Sanitasi

icon   Pada 24 September 2019 Bagikan ke :

BANJARMASIN, HUMAS – Setelah mengikuti rangkaian acara City Sanitation Summit (CSS) XIX Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Tahun 2019, Selasa (24/9/2019), di Hotel Rattan Inn Jl. A. Yani Km 5 Kota Banjarmasin-Kalimantan Selatan, Bupati Bengkalis diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum Maryansyah Oemar menyatakan komit untuk capai target sanitasi layak 100 persen, dengan memberikan dukungan dengan melaksanakan program sanitasi yang berkelanjutan.

Maryansyah Oemar mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan, pada tahun 2019 ini telah melaksanakan program sanitasi pembangunan tangki septik skala komunal dan individual dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat.

“Tahun 2019, Bengkalis mendapatkan kegiatan pembangunan tangki septik, dengan kategori tangki septik individu 50 KK di dua kelurahan yakni Kelurahan Rimba Sekampung dan Kelurahan Sei Pakning. Kemudian kategori tangki septik skala komunal 5-10 KK di dua desa antara lain Desa Batang Duku dengan Desa Sei Selari”, ungkap Maryansyah Oemar.

Namun lanjutnya, meskipun program tersebut kita lakukan berkelanjutan, Pemerintah Daerah tidak akan bisa mewujudkan masyarakatnya sehat bila masyarakatnya sendiri tidak paham dengan pentingnya sanitasi.

“Untuk itu komitmen semua pihak baik Pemerintah, Swasta dan Masyarakat untuk bersama-sama dan berbagi peran dalam mewujudkan seratus persen rumah tangga memiliki akses air minum layak dan aman, kemudian sembilan puluh persen rumah tangga yang memiliki akses sanitasi layak termasuk dua puluh persen aman serta nol persen masyarakat Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tempat terbuka, harus dilakukan”, ujarnya.