Pemkab Bengkalis salurkan bantuan banjir dan gempa

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
12-January-2010

Bengkalis - Merasa prihatin dengan kondisi masyarakat korban bencana banjir dan gempa bumi yang dialami oleh masyarakat di Propinsi Riau dan Sumbar, Pemerintah Kabupaten Bengkalis secara spontan mengutus utusan untuk menyampaikan bantuan. Bantuan banjir diserahkan untuk Kabupaten Palalawan, Indragiri Hulu, dan Kampar. Sedang bantuan gempa akan diserahkan untuk masyarakat Kabupaten Padang Pariaman.

Untuk bantuan banjir di Kabupaten Kampar, diserahkan oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Administrasi umum Setdakab Bengkalis, Drs. H. Arianto, MP, bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Kampar, lantai III, Senin (11/1).

Acara yang digelar sebelum rapat tentang ulang tahun Kabupaten Kampar ini, dihadiri seluruh pejabat Kampar, diantaranya, Sekda, Zulher, seluruh Asisten, Kepala Badan, Dinas, Kantor, tokoh masyarakat, dan sejumlah pengusaha kampar. Sementara dari Pemkab Bengkalis, selain Asisten 3, hadir pula Sekretaris Badan Kesbang, Drs. Askandar, dan Kasubbag Pengumpulan Informasi Komunikasi dan Pemberitaan Bagian Humas, Agusrizal, M.Hum.

Asisten Administrasi Umum, Drs H Arianto, MP disela penyerahan bantuan banjir mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian seluruh masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap musibah yang dialami masyarakat Kabupaten Kampar.

“Ini merupakan wujud kepedulian dan kesetiakawanan social masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap beban penderitaan masyarakat Kampar akibat musibah banjir yang melanda sebagian wilayah ini. Pada dasarnya masyarakat Kabupaten Bengkalis turut prihatin dengan kondisi ini”, jelasnya.

Lebih jauh Yanto panggilan akrab Asisten Administrasi Umum ini menjelaskan, akibat banjir yang dialami masyarakat, masyarakat sangat rentan dihinggapi berbagai penyakit.

“Untuk itu, kami berharap agar saudara-saudara kami di Kabupaten Kampar senantiasa bersabar, dan senantiasa pula membimbing keluarga masing-masing dalam kesabaran. Kami sadar, dalam kondisi seperti ini, masyarakat sangat rentan dihinggapi oleh penyakit. Untuk itu kami berharap, agar kita senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarga kita masing-masing”, jelasnya Yanto.

Mantan Kadis Sosial ini berharap, masyarakat untuk banyak bertawakkal dan semoga diberi kekuatan mental dan fisik dalam menghadapinya. “Ini merupakan cobaan bagi semua masyarakat, apakah tabah atau tidak menghadapi cobaan ini. Tak sedikit pula orang yang tiba-tiba menjadi kufur tatkala musibah mendera. Kesabaran, ketawakalan, dan keyakinan kepada ketentuan Allah SWT menjadi sirna dari dirinya”, harap Yanto.

Untuk bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Palalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu, kata Yanto, telah diserahkan oleh Asisten Tata Praja, Drs H Burhanuddin, MH, Sabtu (9/1), masing-masing sebesar Rp. 50 jt.

“Di Kabupaten Palalawan telah diterima oleh Kepala Badan Kesbang, Drs. Said Agil, bertempat di Badan Kesbang Polinmas Kabupaten Palalawan. Sedangkan untuk Kabupaten Indragiri Hulu, diterima oleh Kadis Sosial, Zulfahmi Adrian, AP, M.Si, bertempat di posko Bencana banjir Kabupaten Inhu yang sekaligus kantor Dinas Sosial”, jelasnya.

Masih Yanto, penyerahan bantuan berikutnya adalah bagi korban gempat Sumatera Barat. “Insya Allah rombongan kami hari ini juga akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Sumatera Barat untuk memberikan bantuan tahap berikutnya setelah acara di Kampar ini, tepatnya di Kabupaten Padang Pariaman. Sebagaimana arahan Bapak Bupati, korban gempa di Kabupaten Padang Pariaman sangat membutuhkan uluran bantuan langsung dari berbagai pihak. Untuk itulah kita segera menemui masyarakat yang betul-betul mengharapkan uluran tangan”, jelas Yanto.

Sementara itu, Bupati Kampar, Drs. H Burhanuddin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan jajaran Pemkab Bengkalis. “Atas nama masyarakat dan Pemkab Kampar, izinkan saya mengaturkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya. Ini merupakan refleksi dari kepedulian dan solidaritas serta kesetiakawanan social seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis terhadap masyarakat Kampar”, jelasnya

Mantan PNS yang pernah 20 tahun mengabdikan diri di Pemkab Bengkalis ini berjanji akan menyalurkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. “Kita akan pergunakan bantuan ini untuk pengadaan obat-obatan penanganan kesehatan masyarakat pasca banjir. Untuk itu, saya minta Kepala Dinas Kesehatan agar dapat menggunakan dana ini untuk pengadaan obat-obatan dan penanganan masalah kesehatan masyarakat pasca banjir. Dan saya minta dana ini agar dibuatkan pertanggungjawabannya, dan jangan sampai tumpang tindih dengan dana lainnya”, minta Burhanuddin.

sumber bagian humas