BeritaPengurus FKUB Periode 2019-2024 Resmi Dilantik dan Peresmian Kelurahan Bengkalis Kota Sebagai Model Desa Sadar Kerukunan

Pengurus FKUB Periode 2019-2024 Resmi Dilantik dan Peresmian Kelurahan Bengkalis Kota Sebagai Model Desa Sadar Kerukunan

Repost on : 03/12/2019 11:27 WIB | 5x
Foto Meresmikan Kelurahan Bengkalis Kota Sebagai Model Desa Sadar Kerukunan di Provinsi Riau tahun 2019. Bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Kabupaten Bengkalis, Selasa (03/12/2019) pagi.

BENGKALIS, HUMAS - Bupati Bengkalis di Wakili Asisten Administrasi Umum H Tengku Zainuddin mengukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bengkalis Periode 2019-2024 sekaligus meresmikan Kelurahan Bengkalis Kota sebagai model desa sadar kerukunan di Provinsi Riau tahun 2019. Bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Kabupaten Bengkalis, Selasa (03/12/2019) pagi.

"FKUB kini telah memiliki kepengurusan yang sah, yang selanjutnya akan melaksanakan tugas menampung dan menyalurkan aspirasi organisasi masyarakat keagamaan dan aspirasi masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan Bupati," ujar T Zainuddin.

T Zainuddin berharap para pengurus mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan FKUB ke arah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan daerah menuju masyarakat Kabupaten Bengkalis yang maju dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di tengah maraknya isu disintegrasi dan intoleransi yang mencederai persatuan dan kesatuan bangsa, dibutuhkan suatu model percontohan kehidupan yang harmonis dalam bermasyarakat, kehidupan yang tidak mudah terpancing dengan isu-isu provokatif serta berita-berita hoax yang membuat bangsa ini tercerai-berai.

"Program desa sadar kerukunan hadir sebagai bentuk realisasi cita-cita semua pihak yang menginginkan kehidupan antara sesama umat beragama tetap rukun, menjaga nilai persatuan dan kesatuan bangsa, potret pemahaman masyarakat dalam komitmen bernegara, yang tidak hanya bersifat simbolik tetapi juga bersifat substansial," lanjut T Zainuddin.

T Zainuddin berharap nilai-nilai sadar kerukunan di Kelurahan Bengkalis Kota ini dapat menjadi contoh bagi desa dan kecamatan lainnya di Bengkalis, untuk semakin meningkatkan jalinan silaturahmi, juga meningkatkan pemahaman bagi kepala desa/lurah untuk mewujudkan serta menciptakan kerukunan dan toleransi umat beragama di wilayahnya masing-masing.

Pada kegiatan ini turut di hadiri, Unsur Forkopimda, beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemkab Bengkalis, kepala kantor Kementerian Agama Bengkalis H. Jumari, ketua umum MKA dan DPH, LAMR Kabupaten Bengkalis, ketua MUI, ketua DDII, ketua BAZNAZ, ketua KNPI dan ketua organisasi kemasyarakatan Kabupaten Bengkalis, para camat se-Kabupaten Bengkalis, para lurah dan kepala desa se-Kabupaten Bengkalis.