Penuhi Imbauan Pemerintah, Salah Satu Toko di Kabupaten Bengkalis Terapkan Physical Distance

icon   Pada 29 Maret 2020 Bagikan ke :

BENGKALIS – Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 sudah menyebar luas ke beberapa negara, bahkan di Indonesia. WHO pun telah menetapkan virus itu sebagai pandemi.

Menyambut hal itu, Pemerintah Indonesia, termasuk Pemerintah Kabupaten Bengkalis pun mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan physical distance atau jaga jarak fisik untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di sosial masyarakat.

Walau masih bisa dihitung dengan jari, sejumlah pedagang di daerah ini telah menerapkan physical distance dalam melakukan transaksi.

Satu diantaranya toko Aqua Marine di jalan Antara, Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Bengkalis. Tak jauh dari perempatan jalan Antara-H.R. Soebrantas dan Gatot Subroto.

Aqua Marine adalah salah satu toko yang menjual ikan hias dan beberapa keperluan untuk ternak peliharan, seperti makanan kucing dan makanan ikan.

Guna mematuhi imbauan physical distance itu, pemilik toko tersebut memasang tulisan “Mohon jaga jarak demi keselamatan. Terima kasih”.

Tulisan dengan tinta hitam di kardus tersebut dipasang di meja bagian depan yang juga difungsikan sebagai penghambat pembeli masuk ke toko seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

Bagi yang kerab berbelanja di Aqua Marine pasti tahu persis jika sebelum pandemi virus Covid-19, meja itu diletakan di bagian dalam dan berfungsi sebagai meja kasir.

“Sudah kurang lebih sepuluh hari tulisan ini kita pasang. Untuk memenuhi anjuran pemerintah,” ujar salah seorang pramuniaga Aqua Marine yang mengaku bernama Tia, Jumat, 27 Maret 2020.

Dalam melayani pembeli, sebagai pramuniaga, Tia pun tak lalai menggunakan masker.

Pelaksana Harian Bupati Bengkalis H Bustami HY yang diminta tanggapannya atas kepatuhan pemilik toko Aqua Marine, memberikan apresiasi.

“Semoga hal itu dapat diikuti pedagang lainnya. Sebab keberhasilan pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi juga seluruh lapisan masyarakat. Tak terkecuali para pedagang atau di toko-toko,” ujar H Bustami HY, usai meninjau gedung Puskesmas Meskom, Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, Sabtu, 28 Maret 2020. #DISKOMINFOTIK