Penuhi Tantangan Plh, Dua Pekan Disdukcapil Tuntas Cetak 12 ribu KTP

icon   Pada 30 Juni 2020 Bagikan ke :

BENGKALIS – Dua pekan menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkalis, Ismail penuhi tantangan Pelaksana Tugas Bupati Bengkalis agar dalam dua tuntaskan pencetakan 12 ribu kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

“Alhamdulillah, sesuai arapan pak Plh Bupati, dalam waktu Dinas Dukcapil pencetakan KTP el sebanyak 12.845 KTP. Meskipun sempat mendapat gangguan jaringan/kerusakan alat selama dua hari, namun kita mampu menuntaskan,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Ismail, Selasa, 30 Juni 2020. 

Dijelaskan Ismail, setelah dicetak, sebagian KTP-el sudah diterima Unit Pelaksana Teknis Dinas Dukcapil kecamatan untuk diserahkan kepada warga yang bersangkutan. Penyerahan secara simbolis disampaikan Plh Bupati Bengkalis kepada Kepala UPT Disdukcapil Kecamatan Bengkalis bertempat di kantor Bupati Bengkalis beberapa waktu yang lalu.

Untuk memudahkan masyarakat mengetahui bahwa KTP-el telah dicetak, Kepala Dinas Dukcapil meminta Kepala UPT untuk membuat daftar nama-nama warga per desa/kelurahan. Selanjutnya daftar nama tersebut disampaikan ke pemerintah desa/kelurahan setempat, untuk diinformasikan kepada warganya agar mengambil KTP masing-masing.

Jika ada masyarakat yang sudah merekam data untuk pencetakan KTP-el sebelumnya (sebelum bulan Mei 2020), tetapi tidak ada dalam daftar nama yang sudah dicetak, Ismail menyarankan agar segera melaporkan ke UPT dengan membawa kartu keluar (KK), selanjunya segera dilayani.

Ditegaskan Ismail, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kinerja pelayanan, terutama untuk mempercepat proses perekaman dan pencetakan KTP-el bagi penduduk yang hingga saat ini belum melakukan perekaman. 

“Penduduk wajib KTP diharapkan proaktif melakukan perekaman data diri yang diperlukan untuk pencetakan KTP-el. Kepada seluruh jajaran Disdukcapil sampai ke tingkat UPT telah ditekankan untuk selalu bersemangat, menjaga disiplin dan konsisten pada upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Ismail. #DISKOMINFOTIK