Peringati Hari Batik 2019, Pegawai Pemkab Bengkalis Hari Ini Juga Kenakan Batik

icon   Pada 2 Oktober 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS -- Memperingati  Hari Batik Nasional, Rabu, 2 Oktober 2019, aparatur di Pemkab Bengkalis menggunakan batik.

"Hari ini saya pakai baju batik, ikut serta meramaikan peringatan Hari Batik Nasional," ujar Sri, pegawai Diskominfotik Kabupaten Bengkalis.

Sri tak sendiri, sejumlah aparatur Pemkab Bengkalis di Perangkat Daerah lainnya, juga ikut serta menggunakan baju batik.

Menurut Sri, batik perlu dihargai sebagai warisan budaya dunia.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran (SE) mengenai pemakaian baju batik dalam rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

SE dengan Nomor 003.3/10132/SJ tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo.

Kemendagri menghimbau seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah, provinsi, kabupaten/kota untuk dapat menggunakan baju batik pada Rabu (hari ini).

Peringatan hari batik tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Hari Batik Nasional.

Hari Batik Nasional bertujuan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbenda oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Langsung Ditindaklanjuti

Menindaklanjuti SE itu, Bupati Amril Mukminin melalui surat langsung mengeluarkan instruksi agar para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengenakan pakaian batik pada hari ini.

Ditandatangani Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Bengkalis, H Heri Indra Putra, surat bernomor 003.3/UM/2019/446 yang bersifat penting ini kiranya dapat menjadi perhatian seluruh pejabat dan pegawai serta tenaga non pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Surat ini juga telah dilayangkan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian, serta seluruh camat se-Kabupaten Bengkalis.

Karena surat edaran ini hanya mengintruksikan pada satu hari saja, hari ini saja, maka di hari Kamis besok, 3 Oktober 2019, seluruh pejabat dan pegawai kembali mengenakan pakaian sebagaimana biasa. Yakni, pakaian olahraga di pagi hari dan siangnya mengenakan batik. ##DISKOMINFOTIK