Dalam Rapat Paripurna DPRD: Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY Sampaikan LKJP Tahun Anggaran 2019

icon   Pada 31 Maret 2020 Bagikan ke :

BENGKALIS – Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Bengkalis H. Bustami HY, Senin, 30 Maret 2020, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bengkalis Tahun Anggaran 2019.

LKPJ itu disampaikannya dalam rapat paripurna DPRD Bengkalis yang langsung dipimpin Ketua DPRD H. Khairul Umam.

Bustami HY mengatakan, ada beberapa kegiatan tahun 2019 yang dilaksanakan berdasarkan prioritas pembangunan Daerah.

Diantaranya, pengembangan infrastruktur empat gerbang yang meliputi 24 poros jalan utama dan pembangunan jembatan sungai Pematang Limo Desa Pinggir, peningkatan prasarana dan sarana perhubungan darat dan laut, penyediaan dan pengelolaan air baku, air minum dan limbah.

Kemudian, intensifikasi produktivitas sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan pendukung ekonomi masyarakat, diantaranya peningkatan 9 unit jalan usaha tani, penumbuhan dan pengembangan kawasan produksi padi dan palawija seluas 200 hektar.

"Serta, stimulan usaha perikanan UPP Desa Penebal Kecamatan Bengkalis yang menghasilkan 3,3 ton dan lain sebagainya," kata H Bustami HY.

Lalu, pengembangan kualitas pendidikan dan kesehatan, diantaranya pengembangan dan peningkatan pendidikan anak usia dini dengan capaian kinerja 100 persen, pengembangan dan peningkatan pendidikan dasar, serta pengembangan dan peningkatan pendidikan non formal dengan capaian kinerja 100 persen.

Dalam peningkatan kesehatan, telah mampu dilayani 64.658 jiwa dari program Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah dari target 40.371 jiwa.

“Selain tentunya prioritas peningkatan pelayanan di seluruh rumah sakit dan Puskesmas di wilayah Kabupaten Bengkalis," paparnya.

Selanjutnya, peningkatan kualitas berusaha masyarakat dan peningkatan kualitas pencari kerja dan pekerja tempatan, meliputi upaya penyediaan 291 tenaga pendamping di 136 desa dalam pengembangan lembaga ekonomi pedesaan.

Lalu, peningkatan sarana pemukiman/rumah layak huni warga KAT (PAH) Kecamatan Rupat dan Rupat Utara sebanyak 93 unit, peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dengan capaian kinerja 100 persen.

:Diantaranya peningkatan kapasitas lulusan BLK Sertifikasi Welder sebanyak 120 orang dan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja jurusan riger sebanyak 120 orang, pameran job fair yang diikuti 28 perusahaan, penyediaan pelayanan ketenagakerjaan sebanyak 2.300 dokumen,” imbuh H. Bustami HY.

Terkait keserasian pengelolaan lingkungan hidup dan kebencanaan, Plh. Bupati Bengkalis mengatakan, terdiri dari pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan dengan capaian kinerja 100 persen.

“Serta pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana serta kebakaran lahan yang capaian kinerja 100 persen,” terang H. Bustami HY. #DISKOMINFOTIK