BeritaPlt Bupati Bengkalis Siap Tindak Lanjuti Amanat Panglima TNI dan Kapolri
Pencegahan Karhutla 2020

Plt Bupati Bengkalis Siap Tindak Lanjuti Amanat Panglima TNI dan Kapolri

Repost on : 12/02/2020 20:05 WIB | 14x
Foto Plt Bupati Bengkalis H Muhammad ketika bersama peserta Rakor lainnya menyambut Kapolri dan Panglima TNI

Plt Bupati Bengkalis H Muhammad ketika menyalami Kapolri

PEKANBARU - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melakukan monotoring pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Rabu sore, 12 Februari 2020. 

Kedatangan kedua petinggi dan rombongan ini juga TNI Hadi Tjahjanto melakukan Rapat Koordinasi Terbatas sekaligus memberikan amanat yang turut diikuti Dandim, Kapolres, Kepala Daerah se Provinsi Riau, termasuk Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkalis H Muhammad, di Gedung Daerah Balai Serindit Gubenuran, Pekanbaru. 

“Ada beberapa pesan yang disampaikan Kapolri dan Panglima TNI dalam upaya pencegahan Karhutla di Provinsi Riau, seperti memaksimalkan Satgas Karhutla yang dibentuk baik di provinsi maupun di kabupaten. Dan kita siap bersinergi dengan segala kemampuan yang kita miliki,” tutur Plt Bupati Bengkalis H Muhammad usai mengikuti Rakor.

Disamping itu, Muhammad juga menyebutkan bahwa akan terus meningkatkan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, Polres dan Kodim guna menuntaskan permasalahan Karhutla yang setiap tahun terjadi, sebagaimana amanat Panglima TNI, Marskal TNI Hadi Tjahjanto.

“Kita sebagai Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh berbagai persiapan dan pencegahan Karhutla di Kabupaten Bengkalis. Dan kita tidak mau kejadian kebakaran terus terjadi berulang-ulang di daerah kita,” ucapnya.

Menurut Muhammad upaya yang dilakukan dalam penanganan Karhutla adalah pencegahan, kemudian penindakan cepat jika terjadi kebakaran yang belum meluas, serta penindakan hukum terhadap pelaku pembakaran.

“Kita berharap Status Siaga Karhutla yang telah ditetapkan yang melibatkan berbagai unsur betul-betul efektif sehingga kondisi cuaca yang diprediksi ekstrim sejak Februari hingga Oktober mendatang Kabupaten Bengkalis khususnya dan Riau umumnya bebas dari asap,” sebutnya, sebagaimana harapan dari Kapolri dan Panglima TNI.

Muhammad juga berharap adanya kerja sama dari semua unsur di Kabupaten Bengkalis, mulai dari tingkat terkecil atau Rukun Tetangga sampai yang paling atas harus benar-benar peduli dan sama-sama mencegah terjadinya kebakaran.

Dirakor kala itu Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto,Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Tajul Mudarris turut terlihat hadir mendengarkan arahan Panglima TNI dan Kapolri. #DISKOMINFOTIK