Sosialiasi Pilkades di Harapan Baru: Siti Harmila, “Jadikan Pilkades Sebagai Ajang Pemersatu, Bukan Pemecah Belah”

icon   Pada 25 September 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Mandau, Siti Harmila berharap, pemilihan kepala desa (Pilkades) dijadikan ajang pemersatu. Bukan pemecah belah masyarakat.

“Mari kita jadikan ajang pilkades ini sebagai suara pemersatu masyarakat. Walau kita berbeda pilihan, tetapi jangan jadikan itu sebagai pemecah belah kita,” ajak Siti Harmila.

Harapannya itu disampaikannya saat sosialisasi Pilkades di Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau, Selasa, 24 September 2019, di aula kantor Desa Harapan Baru.

Sosialisasasi Pilkades yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis melalui Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Mandau mengadakan sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) diberikan kepada Calon Kades Harapan Baru.

Sosialisasi itu merupakan bagian dari sosialisasi serupa terhadap calon Kades yang mengikuti Pilkades Serentak Kabupaten Bengkalis Gelombang III.

Jumlah desa yang mengikuti Pilkades Serentak Gelombang III ini ada 10 desa di 7 Kecamatan.

Dari 10 desa tersebut, satu di antaranya Desa Harapan Baru di Kecamatan Mandau.

Dikatakan Siti Harmilah, Pilkades merupakan pesta demokrasi dan politik untuk memilih pemimpin desa yang berasal dari desa itu sendiri.

Sebagaimana dikuti[ dari laman resmi Pemerintah Kecamatan Mandau, Siti Harmila juga berharap, seluruh pihak bisa berpartisipasi secara aktif mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa di Harapan Baru tersebut.

“Semua unsur, baik Pemdes, BPD, LKD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bindes dan unsur masyarakat lainnya, agar dapat memberikan kontribusi positif bagi penyelenggaraan Pilkades, sehingga nantinya Pilkades di Harapan Baru ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” harap Siti Harmila, lagi.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi itu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan yang mengatur tata cara Pilkades.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pemerintah Desa DPMD Kabupaten Bengkalis

Rinaldi Eka Wahyu menyerahkan baliho kepada Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Harapan baru.

Baliho itu yang berisi himbauan kepada masyarakat bahwa pada tanggal 30 Oktober 2019 akan diadakannya pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019.

9 Desa Lainnya

Untuk Kecamatan Mandau, Harapan Baru merupakan satu-satunya desa yang ikut Pilkades Serentak Gelombang III.

Sedangkan 9 desa lainnya adalah Bukitbatu dan Pangkalan Jambi (Bukit Batu), Tenggayun dan Bukit Kerikil (Bandar Laksmana).

Kemudian, Teluk Lecah dan Sungai Cingam (Rupat), Wanosari (bengkalis), Kesumbo Ampai (Bathin Solapan), dan Tasik Serai (Talang Muandau). #DISKOMINFOTIK#