Umi Kalsum Buka Bazar Produk Unggulan UMKM Se-Kabupaten Bengkalis

icon   Pada 13 September 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bengkalis Umi Kalsum membuka bazar produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kabupaten Bengkalis di halaman kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (Diskop UMKM) jalan Pertanian Jum’at, 13 September 2019.

Bazar produk unggulan UMKM tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Koperasi tingkat Kabupaten Bengkalis.

Tema HUT ke-74 koperasi tahun 2019 ini yaitu “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”

Kepala Diskop UMKM Herman mengatakan selain bazar yang diikuti oleh seluruh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, juga dilakukan dua kegiatan lainnya.

“Ada tiga agenda acara yang kami gelar dalam rangka memperingati hari jadi koperasi ini. Pertama bazar yang kita lakukan pembukaannya hari ini, Rakor pada esok hari dan sepeda santai Ahad 15 September mendatang,” kata Herman.

Saat ini, berdasarkan data Diskop UMKM Kabupaten Bengkalis, jumlah koperasi yang ada sebanyak 874 koperasi. Dari jumlah tersebut, hanya 334 koperasi atau 38,02 persen koperasi yang aktif .

Oleh sebab itu Pemkab Bengakalis kepada Diskop UMKM, meminta untuk bekerja lebih keras lagi dalam membina koperasi yang ada di Negeri Junjungan.

“Langkah ini penting, mengingat koperasi merupakan sukoguru perekonomian di Indonesia, termasuk di daerah ini. Karena masih banyak koperasi yang belum dapat diandalkan menjadi sukoguru untuk membangkitkan ekonomi rakyat,” ucap Umi Kalsum saat membacakan sambutan Bupati Amril.

Mengingat persaingan ke depan kian kompetitif dan komprehensif, Bupati Amril juga meminta koperasi di Negeri Junjungan juga ambil bagian dan berperan aktif dalam membangkitkan usaha dari sektor ekonomi kreatif. Karena Kabupaten Bengkalis juga memiliki banyak  komoditi yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Ekonomi kreatif tersebut harus digenjot, agar daerah kita mampu bersaing dan menjadi pemenang dalam persaingan pada era perdagangan bebas saat ini.

“Harapan kami ke depannya, agar lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas pembinaan dan pengawasaan terdahap koperasi-koperasi yang ada di daerah ini. Sebab, hanya melalui pembinaan yang intensif akan menghasilkan koperasi untuk dapat tumbuh , kuat, besar dan mandiri, koperasi yang memiliki sumber daya manusia, manajemen, penguasaan teknologi yang tinggi dan berkualitas,” lanjutnya.

Terlihat hadir pada acara pembukaan bazar tersebut Kasdim 0303/Bengkalis Mayor Inf Dedyk Wahyu Widodo, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi dan Keuangan Sekretaris Daerah, Indra Gunawan Wakil Kepala (Waka) Polres Bengkalis Kompol Kurnia Setyawan dan Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Arman AA. #DISKOMINFOTIK