Dinas Dukcapil Beri Layanan Keliling Pencatatan Akta Kelahiran

icon   Pada 21 Juni 2021 Bagikan ke :

BENGKALIS - Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkalis memberikan layanan keliling pencatatan akta kelahiran. Dari Rabu hingga Sabtu, sebanyak 319 berkas diselesaikan untuk desa kelurahan di Kecamatan Pinggir.

“Tidak hanya pada layanan KTP (Kartu Tanda Penduduk) elektronik. Tapi Tim Mobile Kependudukan (Molduk) juga memberikan layanan keliling pada pengursuan akta kelahiran,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Bengkalis, Ismail, Ahad 20 Juni 2021.

Diungkapkan Ismail, menindaklanjuti program unggulan Bupati Bengkalis untuk mempercepat cakupan kepemilikan akta kelahiran di Negeri Junjungan usia 0-18 tahun, maka Tim Molduk jemput bola memberikan layanan keliling. 

“Alhamdulillah, melalui layanan keliling pengurusan akta kelahiran ini, warga merasa senang dan puas. Karena tidak harus jauh-jauh datang ke UPT Dukcapil, cukup datang ke kantor desa atau kelurahan,” ungkap Ismail yang juga sebagai Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bengkalis

Teknis layanan keliling pengurusan akta kelahiran ini, warga membawa dokumen syarat pendukung, seperti fotocopi KTP orang tua, kartu keluarga dan surat keterangan lahir dari dokter dan bidang, fotocopi akta nikah/kutipan akta pekawinan (dilegalisir) dan surat keterengan dari kepala desa/lurah. 

Dikatakan Ismail, jika seluruh dokumen persyaratan dibawa oleh orang tua, maka Tim Molduk langsung memproses pembuatan berkas akta kelahiran. Selanjutnya, jika warga ingin menunggu proses pemberkasan hingga selesai, maka akta kelahiran bisa langsung diterbitkan. Namun jika warga tidak mau menunggu, bisa langsung mengambil ke kantor desa atau kelurahan.

“Proses pemberkasan dan pencatatan ini berlangsung selama sehari. Jika sabar menunggu sampai selesai, maka akta bisa langsung diambil di tempat. Tapi kalau tak mau menunggu, bisa diambil di kantor desa atau kelurahan,” katanya.

Disampaikan Ismail, proses pelayanan keliling untuk pencatatan akta kelahiran di Kecamatan Pinggir, kembali dimulai Senin, tepatnya di Desa Muara Basung. 

“Tim Molduk terus bergerak memberikan layanan kepada warga. Langkah ini sebagai upaya untuk memberikan layanan prima, sehingga warga merasa puas dengan layanan kami,” tandas pria yang hobi olahraga badminton ini. #DISKOMINFOTIK